HEADLINE NEWS

Pemkab Mamuju gandeng UNICEF dalam Program Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM)

mamujuOrganisasi PBB untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, UNICEF menyampaikan, sangat memungkinkan Kabupaten Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat, jadi inspirasi bagi kabupaten lain yang ada di Indonesia atas program yang sangat menyentuh masyarakat yang ada di daerah itu.
“Kami anggap Kabupaten Mamuju salah satu kabupaten yang spesial karena memiliki program luar biasa. Program itu sangat memungkinkan menjadi inspirasi bagi kabupaten lain di Indonesia,” kata Perwakilan UNICEF Bidang Pengembangan Pendidikan, Muh Zakir Akbar dalam kegiatan Pelatihan Fasilitator Kecamatan Desa/Kelurahan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) di Mamuju, Sabtu.
Menurut dia, kerjasama UNICEF dan Pemkab Mamuju telah berjalan maksimal sehingga SIPBM ini akan bermanfaat langsung terhadap arah kebijakan pemerintahan di masa yang akan datang.
“Pada saat review akhir tahun beberapa waktu lalu di Jakarta melalui Asisten II bidang Pembangunan telah memaparkan dua program kunci yakni program SIPBM dan sistem relasi pencatatan kelahiran,” ujar Zakir Akbar.
Karena itu, lanjutnya, keberhasilan Mamuju ini dapat terus dipertahankan sehingga bisa menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia dan hal itu bukan sesuatu yang mustahil untuk ditiru bagi kabupaten lain di negara ini.
Sementara itu, Sri Ayuningsih selaku panitia pelaksana mengungkapkan pendataan yang baik yaitu dengan pelibatan masyarakat sehingga dibutuhkan peran fasilitator sebagai media atau penghubung dalam proses SIPBM tersebut.
“SIPBM menyempurnakan sektor data yang telah ada untuk berkelanjutannya program pembangunan sampai ke level tingkat desa,” terang Sri.
Wakil Bupati Mamuju Ir H Bustamin Bausat menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung program dari UNICEF tersebut karena mampu memudahkan pemerintah dalam mengambil kebijakan berdasarkan data yang lebih baik dan akurat.
“SIPBM memuat data karena dengan data yang valid tentu menjadi salah satu modal dasar dalam membuat suatu kebijakan, apabila datanya kurang baik maka akan berimbas pada penentuan kebijakan yang kurang maksimal,” ujarnya.

(ruli)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: