HEADLINE NEWS

Dewan Minta Aktivitas PT CFK (Cahaya Fajar Kaltim) Tanjung Batu Dihentikan Sementara

pinal news

rasyid ketua komisi IPikiran Nasional Tenggarong – Komisi I DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak terkait membahas tentang permasalahan penyerobotan tanah warga Desa Tanjung Batu oleh PT Cahaya Fajar Kaltim (CFK)

“Kami memediasi permasalahan yang melibatkan warga Desa Tanjung Batu dengan PT CFK. Masing-masing kubu memiliki argument dan pandangan serta penilaian sendiri-sendiri, maka dari itu kami Komisi I menjadi penengah persoalan ini agar nantinya persoalan tentang penyerobotan lahan ini bisa segera dituntaskan dengan baik,” kata Ketua Komisi I Abdul Rasid kepada kemarin.

Menurut keterangan yang diperoleh dari pihak aparat Desa Tanjung Batu, PT CFK sejak 2012 tidak ada memberikan pemberitahuan bahwa tanah yang sudah mereka kerjakan selama ini yang nota bene merupakan milik warga desa setempat sudah ada pembebasan lahan.

Pihak perusahaan berdalih melakukan kegiatan pengerjaan akses jalan juga ditujukan dan diperuntukkan mempermudah warga desa dalam hal akses jalan. Namun yang terjadi lahan yang dikerjakan untuk menjadi akses jalan sepanjang 800 meter lebih tersebut, ada luasan sebagian yang terkena dan merupakan lahan yang dimiliki oleh warga setempat.

“Kami memberikan solusi terbaik untuk persoalan ini, yakni kami meminta dokumen asli untuk menunjukkan legalitas lahan yang dimiliki oleh warga yang merasa lahannya diserobot perusahaan. Begitu juga dokumen dari pihak perusahaan. Dikumpul ke Komisi I kemudian kami menyerahkan ke pemkab dalam hal ini bagian pertanahan untuk diverifikasi lebih mendalam dan selama proses ini berlangsung , kami minta aktivitas di lapangan ditiadakan terlebih dahulu sampai masalah ini benar-benar rampung. Adapun luasan lahan yang terkena dan yang menjadi akses jalan yaitu 14 meter dengan jarak tempuh sepanjang sepanjang 800 meter,” pungkas Rasid.

 

Biro Kaltim (icangho)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: