HEADLINE NEWS

Pentolan Al-Shabaab dicari dengan hadiah Rp.2,7 miliar

pinal news

Jakarta,  — Kelompok militan al-Shabaab yang berafiliasi dengan al-Qaida mengklaim bertanggung jawab atas serangan berdarah yang menewaskan setidaknya 147 orang di Garissa University College, Kenya.

“Kami mengkelompokkan sandera dan membebaskan umat Muslim,” kata Sheikh Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer al-Shabaab, beberapa jam setelah serangan pada Kamis (2/4), dikutip dari Reuters.

“Banyak jenazah umat Kristen di dalam gedung. Kami juga banyak menyandera orang Kristen. Pertempuran masih terus terjadi di dalam kampus,” kata Musab melanjutkan.

Kini, pentolan kelompok militan itu menjadi salah satu orang paling dicari oleh otoritas Kenya.

Kementerian Dalam Negeri mulai menyebarkan poster pencarian Mohamed Mohamud yang memiliki alias Dulyadin dan Gamadhere, petinggi al-Shabaab dengan imbalan sebanyak 20 juta shilling, setara Rp2,7 miliar.

Meski begitu, di akun Twitter-nya, Kementerian tidak menyebutnya peran apa yang dilakukan oleh Mohamud dalam penyerangan kali ini.

Kepolisian Kenya menyebarkan poster bertuliskan “Dicari Hidup atau Mati”, berisi foto delapan orang yang diduga terlibat dalam berbagai serangan terpisah di Kenya. Polisi juga menjanjikan imbalan sebesar Rp2,6 miliar untuk para buron ini, kata Kementerian Dalam Negeri via Twitter.

Perbatasan berbahaya namun antara Somalia dan Kenya yang tak dijaga ketat membuat mudah bagi militan al-Shabaab untuk menyeberang ke Kenya dan melakukan serangan.

Dalam serangan Desember lalu, militan Al-Shabaab juga memisahkan Muslim dari yang lain dan mengeksekusi non-Muslim, menewaskan sedikitnya 36 orang. Pada November, militan menghentikan bus di dekat perbatasan dan menewaskan 28 orang yang mereka percaya sebagai non-Muslim.

Bulan lalu, Kedutaan Besar AS telah memperingatkan kemungkinan serangan “di seluruh Kenya dalam waktu dekat” setelah laporan kematian seorang pemimpin kunci al-Shabaab, Adan Garaar, yang menjadi tersangka di serangan Westgate Mall di Nairobi pada September 2013. (stu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: