HEADLINE NEWS

X-Riders Bandung Adakan Kompetisi Ketangkasan Berkendara Roda Dua

IMG_5436

Cimahi, www.pinal-news.com . Besarnya angka kecelakaan di Indonesia sudahlah menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri lagi. Data yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) menunjukkan, India menempati urutan pertama negara dengan jumlah kematian terbanyak akibat kecelakaan lalu lintas. Sementara, Indonesia menempati urutan kelima.

Pinal news cimahi Namun yang mencengangkan, Indonesia justru menempati urutan pertama peningkatan kecelakaan menurut data Global Status Report on Road Safety yang dikeluarkan WHO. Indonesia dilaporkan mengalami kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas hingga lebih dari 80 persen. Di Indonesia, jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 120 jiwa per harinya. Tak berbeda jauh dengan di Nigeria, yang mengklaim 140 jiwa warganya tewas akibat kecelakaan setiap hari.

Mengingat peristiwa tersebut, salah satu komunitas pecinta motor Yamaha X-Ride di Bandung yang sering disebut XB atau X-Riders Bandung mengadakan kompetisi ketangkasan berkendara roda dua di Nanjung, Kota Cimahi (19/04) Minggu Siang. Acara yang lebih dikenal dengan sebutan Gymkhana Yamaha X-Ride Cup 2015 ini menarik minat banyak peserta. Pesertanya mulai dari anggota X-Riders Bandung, hingga dari luar kota yang pastinya menggunakan Motor X-Ride asal pabrikan Jepang itu. Tidak ada kelas tertentu dalam kompetisi ini, riders hanya diharuskan menyelesaikan rintangan yang sudah dipersiapkan oleh pihak panitia sebelumnya. Menurut Adie Mukti selaku ketua X-Riders Bandung menuturkan, “Rintangan sudah dipersiapkan jauh jauh hari, intinya sudah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara, dari mulai jenis rintangan Zigzag, Circle 180 derajat, dan sebagainya. Semuanya sudah diperhitungkan dan di coba berkali-kali, hingga siap untuk mengujian kemampuan para riders” ujar Adie. Para pesertapun diberi 2 kali kesempatan untuk menghafal rute dan rintangan yang sudah dibuat panitia. Setelah semua peserta mencoba rintangan dan menghafal rute, kompetisi pun mulai digelar dengan pemanggilan peserta satu persatu ke titik Start/Finish. Ajang ini pula sebagai sarana silaturahmi antar penunggang Yamaha X-Ride yang berada di Jawa Barat Khusunya di Kota Bandung, Kab. Bandung, Kota Cimahi, dan daerah-daerah lainnya.

IMG_5168Namun ada keluhan dari beberapa peserta, faktor yang dikeluhkan peserta antara lain jalurnya terdapat pasir sehingga menyebabkan beberapa ban motor peserta tergelincir, ada pula yang sampai terjatuh karena di lintasan yang banyak pasirnya. Seperti yang di rasakan Oky, peserta Gymkhana Yamaha X-Ride 2015 Cup ini mengaku tidak habis fikir harus terjatuh dari tunggangannya, dan hal ini tentu menyebabkan dirinya menjadi peserta satu-satunya yang terkena diskualifikasi. Namun semangatnya tidak berhenti disitu, terlihat setelah terjatuh di trek, ia langsung bangkit kembali dan menyelesaikan trek yang sebelumnya sudah dijajal oleh peserta lain. Faktor lainnya yaitu peserta yang lupa mengingat jalur yang sudah diberitahu oleh panitia sebelumnya, sehingga menyebabkan salah jalur dan tentunya mendapat pengurangan point dalam kompetisi.

Untuk keseluruhan acara yang di selenggarakan X-Riders Bandung ini dirasa lancar meskipun ada beberapa factor yang menjadi kendala peserta dalam berkompetisi. Hingga akhirnya muncul 5 besar pemenang peserta lomba ketangkasan berkendara ini antara lain, ada Dani Upay meraih peringkat ke 5, Firman peringkat ke 4, Anggara peringkat ke 3, Mahar peringkat ke 2, dan Ganjar yang menjadi peringkat pertama dengan perolehan waktu 1 menit 17 detik. Ganjar pun tidak banyak berkata ketika diminta untuk memberikan sambutan setelah penyerahan piala yang diserahkan langsung oleh Irwan Awonk Kurniawan selaku Wakil Ketua X-Riders Bandung. Setelah penyerahan piala, seluruh Anggota X-Riders Bandung dan para peserta lomba Gymkhana Yamaha X-Ride 2015 Cup melakukan sesi foto bersama. (Cepy Rahmat Nugraha)

 

Biro Jabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: