HEADLINE NEWS

Mendikbud RI Anies Baswedan : “Generasi muda yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa”

Karya Nyata & Tropy

Perbaungan,

Negara Republik Indonesia (RI) tercinta ini digagas oleh generasi muda yang terdidik dan tercerahkan oleh berbagai ilmu pengetahuan. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran untuk membangun sebuah negeri Bhineka yang modren, berakar pada adat dan budaya bangsa dengan beralaskan semangat gotong royong, tetap mengedepankan serta menumbuhkan prinsip kesejajaran dan kesatuan. Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pembaharuan dan menguatkan pilar ketahanan moral.

Hal ini dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Anies Baswedan melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2015 tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di halaman SMA Negeri 1 Kecamatan Perbaungan, Sabtu (2/5).

Turut hadir seluruh perwakilan FKPD Sergai, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman selaku Bunda PAUD, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat Perbaungan, Kepala BNNK Sergai, Ketua MUI, para PNS dilingkungan Pemkab Sergai, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah, KCD, Tenaga Pendidik serta ribuan siswa dari tingkat SD hingga SMA se-Kecamatan Perbaungan.

Lebih lanjut Mendikbud Anies mengatakan Indonesia adalah negeri penuh berkah dengan memiliki aset berupa kekayaan alam yang banyak, tetapi sesungguhnya aset terbesar bangsa ini adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya, karena generasi muda yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Dengan demikian karena adanya pendidikanlah maka terbuka peluang untuk hidup lebih baik.

Peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema “Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”. Pendidikan harus dipandang sebagai usaha bersama bangsa, untuk itu Mendikbud RI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat berpartisipasi dalam mendorong kemajuan pendidikan.

Gerakan  pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya Pancasila dalam pendidikan agar generasi muda menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab, pungkas Anies Baswedan.

Usai membacakan pidato Hardiknas Mendikbud, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menambahkan bahwa dalam memajukan pendidikan, sekolah itu harus mempunyai karakter sehingga proses belajar dan mengajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Sedangkan untuk tanggung jawab dunia pendidikan bukan hanya berada dipundak para pendidik dan tenaga pendidikan tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat, pungkas H. Soekirman.

Dalam peringatan Hardiknas tahun ini, Bupati Sergai menyerahkan tropy/piala dan piagam kepada para pemenang lomba yang digelar dalam menyemarakkan Hardiknas diantaranya Lomba Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi (Lomba Karya Nyata), Olimpiade Siswa tingkat Kabupaten untuk SD, SMP, SMA bidang Matematika, IPA, IPS, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Astronomi, Geografi, Kebumian dan Komputer.

Selain itu Lomba Olimpiade Olahraga Siswa untuk SMP, SMA, SMA cabang Bulu Tangkis Tunggal Putra dan Putri, Catur Putra dan Putri, Renang Putra dan Putri, Tenis Meja Tunggal Putra dan Putri, Lompat Jauh Putra dan Putri, Volly Putra dan Putri, Karate Putra kelas dibawah dan diatas 50 kg, Karate Putri dibawah dan diatas 40 kg, Karate Komite +61 dan -61 Putra, Karate Komite +53 dan -53 Putri, Atletik Lari 100 M Putra dan Putri, Lompat Jauh Putra dan Putri serta cabang olahraga Futsal.

Selanjutnya pemenang Lomba Festival dan Lomba Seni Siswa cabang Seni Lukis, Kreativitas Bercerita Bahasa Inggris, Cipta Cerpen Bahasa Indonesia, Cipta dan Baca Puisi, Vokal Solo Putra dan Putri, Vokal Grup, Seni Baca Al-Quran Putra dan Putri, Film Pendidikan, Kriya Putra Putri, Seni Musik Band, Tarik Tradisional dan Berpasangan, Lomba Debat Bahasa Indonesia serta Cerdas Cermat Empat Pilar.

Peringatan Hardiknas ini juga disemarakkan dengan berbagai hiburan yang ditampilkan oleh para pelajar seperti baca puisi Bahasa Inggris, tarian tradisional, marching band juga  tarian massal Gemu Fa Mi Re serta penandatanganan anti narkoba.

 

Biro Sumut : S SITORUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: