HEADLINE NEWS

Batas Wilayah Kukar Selesai Tahun 2015

kukarTenggarong- Masalah tapal batas di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara hingga saat ini masih belum selesai akibat belum adanya kesepakatan antara Kecamatan yang bersengketa.

Dari 18 Kecamatan dan 237 desa sampai tahun 2014 sudah ada beberapa yang hampir selesai pembahasannya, sejak ditetapkanya RPJMD Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2011 batas kecamatan dan batas desa/kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara selesai sampai dengan akhir tahun 2015 kata Kepala Bagian Adminitrasi Pemerintahan Sekretariat  Kabupaten Kutai Kartanegara Drs. H. Sunggono, MM dalam dialog interaktif beberapa waktu yang lalu.

Menurut Sunggono, target penyelesaian batas pada tahun 2015 saat ini adalah batas desa/kelurahan sebanyak 125 desa/kelurahan, batas antara kecamatan dalam kabupaten kukar sebanyak 9 segment batas, batas kabupaten kukar dengan kabupaten/kota lain sebanyak 3 segment.

Biasanya yang menjadi kendala di lapangan soal tata batas di Kukar adalah potensi sumber daya alam yang berada di daerah tapal batas itu. Karena adanya pontensi itulah yang menjadi sengketa sebuah kabupaten, kecamatan maupun desa/kelurahan karena mereka sama-sama saling mengklaim bahwa itu masuk wilayah mereka yang berdasarkan pada peta yang berbeda,” ujarnya. Untuk itu, biasanya tim dari provinsi yang menyelesaikan masalah kedua belah pihak yang bersengketa dengan melakukan koordinasi dan pemantauan ke lapangan bersama-sama dengan tim dari kabupaten.

Itu memerlukan waktu untuk menyelesaikannya. Kita juga terkendala anggaran karena untuk meninjau lapangan sejumlah titik di tapal batas itu memerlukan biaya yang cukup besar,” terang Sunggono.

Namun pihaknya akan tetap membantu melakukan penyelesaian dengan tetap memperhatikan pendapat masyarakat yang berada di garis batas tersebut, masyarakat dapat juga mengikuti perkembangan batas wilayah dengan mengakses Sistem Informasi Batas Wilayah (SITASWIL) Kabupaten Kutai Kartanegara dengan mengetik sitaswil.numesa.co.id dengan user “guest” dang pasword “tapem” selanjutnya tinggal klik untuk mengakses batas kabupaten, batas kecamatan dan batas desa/kelurahan.hms.DI.06

 

Biro Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: