HEADLINE NEWS

Penerima BSM Dikecamatan Tanjung Beringin Diduga Dipingut Biaya

Bantuan-Siswa-Miskin-BSM

Serdang Bedagai,Pikiran Nasional
Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah Program nasional yang bertujuan untuk membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk bersekolah dan memenuhi kebutuhan pribadi siswa agar siswa dari keluarga miskin dapat terus melangsungkan pendidikannya guna memenuhi kebutuhan akan layanan pendidikan pada semua jenjang pendidikan.

Namun sangat disayangkan program BSM tersebut diduga menjadi lahan basah bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab guna mencari keuntungan finansial pada beberapa lingkungan SDN di Kecamatan Tanjung Beringin. Hal tersebut seolah-olah sudah menjadi tradisi melalui peranan Komite sekolah, pungutan tersebut tentu saja dikemas melalui program BSM, sehingga menimbulkan pembicaraan di tengah-tengah masyarakat

Seperti terjadi di SD Negeri 102050 Desa Keramat Asam Kecamatan Tanjung Beringin kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang telah melakukan pungutan biaya sebesar Rp 50 ribu pada penerima BSM.

Saat dikonfirmasi, Dormin Kepala Sekolah SD Negeri 102050 di ruang kerjanya beberapa waktu lalu berdalih dengan alasan sudah disetujui Komite Sekolah dan wali murid, dana itu dikatakannya digunakan untuk membeli bangku sekolah.

Meski berdalih telah disetujui, namun Dormin (Kepala Sekolah-red) tidak dapat menunjukkan berita acara saat rapat digelar melainkan menunjukan daftar hadir saja, sehingga hal ini terkesan sangat dipaksaan dan terkesan mengabaikan ketentuan Permendikbud Nomor 44 tahun 2012 tentang sumbangan dan pungutan pada satuan Pendidikan Dasar serta tidak mengindahkan permendiknas No 60 tahun 2011 tentang larangan pungutan biaya terhadap siswa di sekolah.

Padahal jelas tertera di dalam aturan tersebut, selain petunjuk juknis BSM maka dilarang melakukan pungutan/pemotongan dalam bentuk dan alasan apapun.(M.Nasir)

 

Biro Sumut

1 Trackback / Pingback

  1. 24/7=Heaven ( I’ll Protect You! ) Part-8 | PINAL NEWS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: