HEADLINE NEWS

Pertama Kalinya, Sergai Terapkan Program “Membaca Hening”

Tinjau Ruangan
Serdang Bedagai,Pikiran nasional
            Untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mendorong warga sekolah dan masyarakat agar gemar membaca, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan United States Agency for International Development Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students ((USAID PRIORITAS) menggelar program kegiatan “Membaca Hening” yang untuk pertama kalinya diterapkan di Kabupaten ini tepatnya di SMPN 3 Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan, Selasa (3/11).
            Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Provincial Coordinator USAID PRIORITAS Provsu Agus Marwan beserta fasilitatornya, Kadis Pendidikan, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Kakan Perustakan Dra. Salmiah, MM, para Guru, KUPT Kecamatan Perbaungan, Pegajahan dan Teluk Mengkudu,  wali murid serta ratusan para siswa-siswi SMP tersebut.
           Tinjau Ruangan Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa rendahnya minat membaca ini berdampak langsung dengan prestasi pelajar di Indonesia. Menurut Trends In Mathematic and Science Study (TIMSS) Tahun 2003 siswa Indonesia hanya berada di ranking ke-35 dari 44 negara dalam hal prestasi Matematika dan ranking ke-37 dari 44 negara dalam hal prestasi Sains. Menurut Indeks Pembangunan Pendidikan UNESCO ini, Indonesia berada di nomor 69 dari 127 negara.
            Oleh sebab itu lanjut Pj. Bupati Sergai, keterampilan membaca merupakan pra-syarat yang harus dimiliki setiap anak untuk berhasil dalam pendidikan. Semakin baik keterampilan anak dalam membaca, maka kemampuannya untuk menalar ilmu pengetahuan juga semakin baik. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah kemampuan membaca anak, maka kemampuannya dalam menguasai pelajaran juga akan rendah.
            Hal ini disebabkan karena semua pelajaran mengharuskan anak bisa membaca, baik membaca teks maupun memahami konteks bacaan. Rendahnya kemampuan membaca juga berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi. Begitu juga pentingnya keterampilan membaca sehingga Pemkab Sergai berkewajiban mendorong lahirnya budaya membaca dan kegiatan membaca ini hendaknya menjadi sebuah gerakan bersama sehingga dibutuhkan partisipasi seluruh warga masyarakat yang lebih luas, papar H. Alwin.
            Mengakhiri sambutannya Pj. Bupati Sergai Alwin, M.Si mengutarakan rasa patut berbangga karena sekolah-sekolah yang menjadi mitra USAID PRIORITAS sudah menginiasi diri dalam menggalakkan dan membudayakan kegiatan membaca. Apa yang dilakukan SMPN 3 Kecamatan Perbaungan ini hendaknya dicontoh dan sebagai motivasi bagi sekolah yang lain di Kabupaten ini.
            Tabur Benih IkanDalam kesempatan yang sama Provincial Coordinator USAID PRIORITAS Provsu Agus Marwan dalam sambutannya mengutarakan sekolah tanpa adanya dukungan dari orang tua tidak akan berjalan mulus. Oleh karena itu kegiatan “Membaca Hening” ini merupakan inovasi dalam mengembangkan budaya baca. Akan tetapi bukan hanya sekedar membaca namun bagaimana cara memahami, menguraikan sekaligus mempersentasikannya.
            Apresiasi juga disampaikan Agus Marwan kepada jajaran Pemkab Sergai karena telah peduli dan berkomitmen meningkatkan budaya membaca dan bertujuan untuk membangun kemajuan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.
            Sementara itu Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan semangat bagi anak-anak, karena dengan semangat dan kemauan nantinya akan menjadi generasi yang mempunyai ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Ada beberapa hal yang harus dilaksanakan agar kegiatan Membaca Hening ini dapat dilaksanakan diantaranya apabila siswanya mau maju, ada orang tua yang mau membimbing, adanya guru yang berkualitas dan pemerintahan yang konsekuen pada kemajuan pendidikan.
            Sedangkan proses untuk kegiatan ini akan berhasil apabila ada niat untuk maju, dapat meluangkan waktunya sejenak, dapat memahami apa yang dibaca dan dapat merealisasikankannya agar lebih bermanfaat. Dengan adanya kegiatan ini DPRD Kabupaten Sergai siap mendukung program yang digalakkan oleh USAID PRIORITAS, ungkap H. Syahlan.
            Kadis Pendidikan Sergai dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari acara membaca hening ini adalah untuk memberikan arahan dan pemahaman untuk menjadikan kegiatan membaca menjadi salah satu kebiasaan siswa yang merupakan harapan bagi semua orang tua dan tenaga pengajar di sekolah. Sedangkan guru diharapkan dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam membaca dengan mengajarkan teknis membaca yang baik serta memanfaatkan fasilitas yang ada agar budaya baca dapat diwujudkan di sekolah.
            Usai melaksanakan kegiatan membaca hening bersama para guru dan siswa, Pj Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si menabur benih ikan lele sebanyak 4000 ekor ikan lele di pekarangan kolam ikan lingkungan sekolah.
(Biro sumut M.nasir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: