HEADLINE NEWS

Terapkan Pendidikan Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang

Asuransi
Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si didampingi Ketua TP PKK Ny. drg. Hj. Usma Polita Alwin memberikan Asuransi dari MNC Life berupa santunan uang duka dan perawatan rumah sakit secara simbolis kepada tenaga pendidik berprestasi dan berinovasi usai membuka pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Sergai yang dilaksanakan di Pantai Wong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (10/11)
Serdang Bedagai,Pikiran nasional
Untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Sergai yang dilaksanakan di Pantai Wong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (10/11).
Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka acara pelatihan tersebut mengemukakan bahwa pendidikan di Indonesia memang mengalami situasi yang terus berkembang. Hal ini dapat kita lihat melalui perkembangan kurikulum yang berlaku di Indonesia, perubahan kebijakan, regulasi dan sistem pendidikan, penyesuaian model dan strategi pembelajaran melalui pendekatan perkembangan zaman terus dilakukan dan dikaji sedemikian rupa.
Tentunya perubahan-perubahan yang dilakukan ini tidak lain demi keberhasilan pendidikan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 yang didalamnya menyatakan pendidikan adalah usaha sadar dan terancana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, papar H. Alwin.
Lebih lanjut dikemukakan Pj. Bupati Sergai dalam kurun beberapa dekade ini, upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik juga disertai dengan upaya pemenuhan kebutuhan guru dalam rangka mengasah dan meningkatkan kompetensinya melalui program sertifikasi guru.
Melalui kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi tenaga pendidik ini, Pj. Bupati Sergai Alwin menghimbau kepada seluruh tenaga pendidik se-Kabupaten tanah Bertuah Negeri Beradat ini agar mereformasi kembali mental dan mindset serta paradigma berfikir kita tentang subtansi sertifikasi pendidikan ini. Oleh karenanya sertifikasi bukan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan memperkaya diri, akan tetapi untuk peningkatan kualitas dan mutu pendidikan yang dititipkan melalui peningkatan potensi dan kompetensi tenaga pendidik.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak yang juga didaulat sebagai narasumber DR. Seto Mulyadi MPSi, mewakili Kapolres, Dandim 0204/DS dan Danlatamal I Belawan, Direktur USAID PRIORITAS Provsu Agus Marwan, Asiten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno, MM, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala. Kasatpol PP Drs. Amir Panggabean, Camat Pantai Cermin Gunawan JW. Hasibuan SSTP, Narasumber Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, MPd, KUPT, SKB, Kepsek, Pengawas, Penilik dari tingkat TK-SMA/SMK, dan para pendidik se-Sergai.
Sebelumnya Ketua Panitia Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM melaporkan bahwa pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan peserta dapat memahami materi pelatihan berupa motivasi dan upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik. Sedangkan sasaran yang diharapkan bagi para tenaga pendidik mampu memahami konsep dan materi tentang peningkatan kompetensi dan meningkatnya kompetensi tenaga pendidik, tenaga pendidik memiliki keterampilan dalam menguasai kelas dan individu peserta didik serta menguasai kelas, tenaga pendidik memahami dan terampil dalam memotivasi siswa guna menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta tenaga pendidik mampu mengintegrasikan berbagai sumber dan saduran untuk mendukung keabsahan pembelajaran.
Photo Bersama
Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si didampingi Ketua TP PKK Ny. drg. Hj. Usma Polita Alwin, Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno, MM, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala dan Kasat Pol PP Drs. Amir Panggabean photo bersama dengan narasumber DR. Seto Mulyadi MPSi, Direktur USAID PRIORITAS Provsu Agus Marwan serta para penerima asuransi usai membuka pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Sergai yang dilaksanakan di Pantai Wong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (10/11)
Dalam paparannya DR. Seto Mulyadi MPSi mengatakan bahwa Ketua TP PKK Ny. drg. Hj. Usma Polita Alwin pendidikan adalah hak semua anak, karena pada prinsipnya semua anak senang belajar. Untuk mendidik seorang anak tidak perlu dilakukan dengan paksaan maupun kekerasan, tetapi didiklah dengan nada yang indah, cinta dan kasih sayang. Seorang anak dikatakan cerdas karena memiliki kategori kemampuan berbicara, menghitung, menggambar, bermain musik, gerak seperti olah raga, bersosial mampu berteman dan berorganisasi, dapat menjadi pemimpin serta mampu berbicara dengan diri sendiri, orang lain dan alam.
Mendidik anak diawali dari lingkungan keluarga dan sekitar, oleh karenanya sebagai orang tua maupun tenaga pendidik haruslah menanamkan sikap teladan yang patut dicontoh bagi anak. Tidak melakukan hal yang tercela didepan anak. Karena hal ini dapat membentuk karekter anak dimasa depannya. “Untuk itu saya mengajak seluruh yang hadir dalam pertemuan ini agar tidak melakukan kekerasan dalam mendidik anak”, pungkas Seto Mulyadi.
Diakhir acara diberikan asuransi MNC Life santunan duka sebesar Rp. 30.000.000,- dan perawatan rumah sakit maksimal Rp. 3.000.000,- kepada 100 tenaga pendidik berprestasi dan berinovasi.(M.nasir)
Biro Sumut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: