HEADLINE NEWS

Lomba Teknik Mengajar dan Lomba Pengolahan Menu Makanan Sehat

Lomba Teknik Mengajar dan Lomba Pengolahan Menu Makanan Sehat
Ciptakan Anak Sehat dan Cerdas, Berakhlak serta Berkepribadian Baik
Sambutan
Serdang Bedagai,Pikiran Nasional
            Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang amat mendasar dan strategis, karena masa usia dini merupakan peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya yang memerlukan pembinaan sejak dini. Sehingga nantinya menjadi anak yang cerdas dan taqwa serta mampu bersosialisasi mengikuti pendidikan lanjutan hingga ke “Lost Generation” atau “generasi yang hilang” dapat terhindarkan.
            Demikian dikemukakan oleh Pj. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Alwin, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka acara Lomba Teknik Mengajar dan Lomba Pengolahan Menu Makanan Sehat Bergizi bagi anak PAUD di Aula Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Senin (23/11).
            Dalam ketentuan Pasal 28 dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentng Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), antara lain dijelaskan PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar dan dilaksanakan melalui jalur pendidikan normal dan non formal. PAUD ini sifatnya non formal yang penyelenggaraannya lebih mengandalkan partisipasi aktif masyarakat disatu sisi dan sisi lain peranan Pemerintah untuk membantunya.
           Lomba Menu Sehat Oleh karenanya lanjut H. Alwin acara Lomba Mengajar  dan Lomba Pengolahan Menu Makanan Sehat ini sangat penting, karena kegiatan ini dapat dijadikan motivasi ataupun dorongan kepada para guru, juga kepada orang tua termasuk para pengelola Kelompok Bermain PAUD Terpadu (KBPT) agar lebih meningkatkan aktifitasnya dalam mengelola PAUD sehingga proses belajar mengajar disetiap kelompok agar lebih berkualitas serta mampu menciptakan anak-anak yang sehat dan cerdas, berakhlak dan berkepribadian baik, papar H. Alwin.
            Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Forum PAUD Kabupaten Sergai Ny. Hj. Usma Polita Alwin, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Staf Ahli Bupati, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Kabag Adpem Drs. Suwanto, para Camat se-Sergai, Ketua TP PKK Kecamatan, narasumber, guru PAUD serta peserta lomba dari 17 Kecamatan se-Sergai.
            Dalam kesempatan yang sama Ketua Forum PAUD Kabupaten Sergai Ny. Hj. Usma Polita Aswin dalam sambutannya mengemukakan bahwa sampai pada tahun anggaran 2015 telah terbentuk 80 KBPT dengan jumlah anak didik 2582 orang. Untuk tahun berikutnya akan terus diprogramkan pembentukan KBPT yang ada di desa dengan tujuan agar semua anak usia 0-6 tahun memperoleh kesempatan untuk mengikuti PAUD di KBPT bermain ini.
            Mengenai lomba pengolahan menu sehat dan bergizi ini, Ny. Hj. Usma Polita memberikan apresiasi kepada seluruh peserta lomba karena mampu mengkreasikan berbagai jenis makanan dari bahan dasar kacang hijau sehingga menjadi bergizi, beragam, berwarna dan sehat. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak sehingga dapat menjadikan anak semakin cerdas dan bergizi, ujar Ny. Hj. Usma Polita.
            Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara acara Ny. Hj. Imas Haris Fadillah melaporkan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini antara lain untuk memberikan motivasi para guru dan orang tua agar  kelangsungan KBPT benar-benar dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan kreativitas guru dalam upaya meningkatkan kualitas guru itu sendiri sebagai tenaga pendidik di kelompok bermainnya.
            Sedangkan peserta yang mengikuti lomba berjumlah 68 orang terdiri dari lomba teknik mengajar berjumlah 17 orang, lomba pengolahan menu makanan sehat berjumlah 51 orang (3 orang per Kecamatan) terdiri dari 2 orang guru dan 1 orang adalah orang tua murid yang berasal dari seleksi ditingkat Kecamatan.
            Dalam perlombaan pengolahan menu sehat dan bergizi bagi anak PAUD pemenang juara satu diraih oleh Kecamatan Dolok Merawan, juara dua diraih Kecamatan Bintang Bayu dan juara tiga Kecamatan Perbaungan.
(Biro Sumut M.Nasir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: