HEADLINE NEWS

Pemkab Sergai Bangun Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Sambutan
Serdang Bedagai,Pikiran Nasional
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) meneguhkan kembali semangat dan komitmen seluruh jajarannya dalam mewujudkan reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Dengan pembangunan zona integritas bukan hanya dilaksanakan sebagai amanat dan sesuai dengan rencana strategis penanggulangan korupsi yang dapat mencegah terjadinya perilaku koruptif di instansi tersebut. Pembangunan zona integritas menandai dimulainya gerakan masif memerangi korupsi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih di Kabupaten Sergai.    
Hal ini diungkapkan Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si saat membuka Workshop Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di The Hill Hotel dan Resort di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, Selasa (24/11).
Hadir juga dalam acara ini Inspektur H. Sefrinal, SE, Ak, Kadis PPKA H. Gustian SE, MM.Ak, Kadis PSDA Ir. Hj. Prihatina, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala dan 110 orang ASN dari 55 SKPD di lingkungan Pemkab Sergai beserta 2 observer dari Forum Reformasi Birokrasi Kabupaten Sergai serta Narasumber berasal dari GIZ Jerman Transformasi.
Tanda PesertaKemudian dijelaskan Pj Bupati Sergai H. Alwin, M.Si mengatakan bahwa salah satu upaya pencegahan tindak pidana korupsi adalah  dengan cara mewujudkan zona / wilayah bebas dari korupsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Lingkungan Istansi Pemerintah. Pemkab Sergai juga telah mempersiapkan beberapa peraturan pendukung yaitu, pertama, Peraturan tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat, Kedua adalah Peraturan tentang Penyelenggaraan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dan Ketiga, Peraturan tentang Pengendalan Gratifikasi di lingkungan Pemkab Sergai.
Disamping telah mengeluarkan beberapa peraturan tersebut, Pemkab Sergai akan mencanangkan agar kedepannya dapat melakukan promosi jabatan dan rekruitmen secara terbuka, mekanisme pengaduan masyarakat, e-Procurement, pengukuran kinerja individu dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), jelas Pj. Bupati Sergai H. Alwin.
Untuk menuju terbentuknya wilayah bebas dari korupsi, maka terlebih dahulu perlu dibangun zona integritas di lingkungan unit kerja/SKPD. Zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Predikat tersebut diperoleh melalui beberapa tahapan dalam pembangunan zona integritas.
Pj Bupati Sergai mengharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah ada beberapa unit kerja/SKPD yang siap untuk menjadi pilot project WBK dan WBM. Secara teknis, dengan kesiapan unit kerja/SKPD Pemkab Sergai untuk melakukan pembangunan zona integritas, akan dilakukan pendampingan/asistensi pemenuhan persyaratan pembangunan zona integritas oleh tim pembangunan. Selanjutnya akan dilakukan assessment oleh tim penilai internal dan apabila telah memenuhi syarat akan diajukan ke tim penilai nasional untuk mendapatkan predikat unit kerja WBK/WBBM, pungkasnya menutup sambutan.
Sebelumnya Ketua Panitia melaporkan bahwa Workshop yang dilaksanakan 3 (tiga) hari mulai 24-26 November 2015 ini bertujuan untuk mewujudkan WBK dan WBBM di lingkungan Pemkab Sergai.
(Biro Sumut.M.Nasir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: