HEADLINE NEWS

“KEPALA DINAS PU KUTAI KARTANEGARA SEBAIKNYA MUNDUR DARI JABATAN”

Kukar

pinal-news.com. Tenggarong, 01 Desember 2015.

Iksanudin, Ketua DPC Lidik Kukar mengkritisi kinerja yang dinilai buruk dari Kepala Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, atas ketidak taatan sang kepala dinas terhadap Undang-undang No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Pasalnya, Dpc lidik kukar sudah berkali – kali mengajukan permohonan informasi public namun tidak pernah di kabulkan, malahan terkersan menyepelehkan permohonan atau mungkin sengaja kangkangi undang-undang KIP, hal ini membuat ketua lidik kukar bertanya-tanya, apakah mungkin kepala dinas bina marga dan sumber daya air kukar memang punya niat melawan undang-undang KIP ?… sebab kalau memang punya niat melawan undang-undang maka sudah sepatutnya mundur dari jabatanya sebab kurang pantas rasanya kalau seorang pejabat public setingkat kepala dinas tidak taat dengan undang-undang yang berlaku.

Padahal bila mengacu LHP BPK RI tahun 2014, Dinas Bina Marga Kukar terindikasi korupsi yang menyimpang mencapai Rp.173 milar lebih ditahun 2014 yang lalu, dibanding SKPD – SKPD lainya, maka oleh sebab itu masyarakat ingin banyak tau sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 3 undang-undang no.14 tahun 2008 tentang KIP, kenapa hal ini bisa terjadi?….. apakah mungkin hal ini memang segaja perbuatan korupsi atau mungkin hanya kesalahan administrasi ?… tapi karena badan public sendiri yang menutup diri terkait informasi public yang mestinya dapat diakses oleh public, maka jangan salahkan masyarakat, bila masyarakat menuding kepala dinas bina marga kukar dan kroni-kronrinya ada indikasi korupsi uang negara secara berjama’ah.

Terkait masalah ini, saat dikonfirmasi via pesan singkat kepada H.Surip selaku Kepala PPID kutai kartanegara beliau menyampaikan, kami selaku kepala PPID kabupaten selalu menyurati kepala PPID pembantu (kepala dinas) agar dapat memberikan informasi yang dimohonkan pemohon selain yang dikecualikan, namun bila belum dikabulkan agar sekiranya pemohon langsung tanya kepada kepala PPID pembantu terkait (kepala dinas).

Tapi hal inilah yang paling tidak masuk akal bagi pemohon, sebab untuk bertemu langsung dengan kepala dinas bina marga dan sumber daya air kutai kartanegara dapat di ibaratkan seperti mencari kutu dalam ijuk. Pungkas ketua lidik kukar.

Biro Kaltim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: