HEADLINE NEWS

BADAN LITBANG PERTANIAN AMBIL SUMPAH PNS BPTP ACEH

aceh pinal news

Pinal news Banda aceh, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Ir. Agung Hendriadi, M. Eng atas nama Kepala Balitbangtan Senin (7/12) melakukan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh termasuk karyawan Kebun Percobaan Gayo dan Paya Gajah, disaksikan rohaniwan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh.

Acara pengambilan sumpah tersebut berlangsung di aula BPTP Aceh, dihadiri Kepala BBP2TP Dr. Abdul Basit, MS, Kabag Kepegawaian Balitbangtan Drs. Djoko Purnomo, MPS dan Kabag Tata Usaha BBP2TP Ikarianto, SE, MM. Dalam sambutannya Agung Hendriadi menyatakan bahwa pengambilan sumpah bagi setiap pegawai adalah kewajiban dan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan dan dipatuhi. “Sumpah dan ikrar yang diikuti 108 PNS ini bukanlah acara seremonial belaka, namun lebih dari itu diperlukan komitmen dan integritas yang perlu dijunjung tinggi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” ujarnya. Untuk itu ia mengingatkan, setiap pegawai yang mengangkat sumpah tersebut harus setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila dan UUD 1945. Ia jua mengharapkan agar momentum ini dapat dijadikan pegangan dalam melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.

aceh pinal newsDalam pengangkatan sumpah sebagai pegawai harus senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan martabat PNS serta senantiasa mengutamakan kepentingan Negara daripada kepentingan sendiri, seseorang atau golongan. Selain harus memegang teguh rahasia sesuatu yang sifatnya atau menurut perintah harus dirahasiakan, PNS harus bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan negara.

Selain pengangkatan sumpah PNS BPTP Aceh seluruh PNS juga mengikrarkan dan menandatangani Pakta Integritas yang dipimpin Kepala BPTP Aceh, Ir Basri A. Bakar, MSi yang butirnya menyebutkan bahwa PNS harus berperan pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Dalam melaksanakan tugas, PNS juga tidak boleh meminta dan menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel, mengindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas. Harus menjadi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, terutama kepada karyawan yang berada di bawah pengawasan dan sesama pegawai di lingkungan kerja secara konsisten.

Usai penandatanganan sumpah, Sesba turut memberikan hadiah bagi Darmawan, AMd salah seorang karyawan BPTP yang sudah lama menderita penyakit stroke. Demikian juga sehari sebelumnya, tim Balitbangtan menyempatkan diri meninjau lokasi Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kota Jantho Aceh Besar dan kegiatan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) demikian kata Ir Basri A. Bakar, MSi sebagai Kepala BPTP Aceh (Abdurrahman/razi/iskandar)

 

Biro Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: