HEADLINE NEWS

Pemkab Sergai Tingkatkan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Aparatur Desa

Pinal news
Serdang Bedagai,Pikiran Nasional
           Guna terlaksananya tugas pengelolaan keuangan desa sesuai dengan ketentuan serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan aparatur desa dalam memahami ketentuan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan desa, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Pengelolaan Keuangan Desa bagi Aparatur Desa Tahun 2015 bertempat di Replika Istana Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Senin (14/12).
            Turut hadir pada acara tersebut Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Kepala BPMPD H. Karno, SH, MAP, narasumber dari Tim Pengawal dan Pengamanan Pembangunan Pemerintah Daerah(TP4D) Kejaksaan Negeri Sei Rampah dipimpin Kasat Intel J. Effendi Siregar, SH, Perwakilan dari Inspektorat, Dinas PPKA, BPMPD, Polres Sergai dan seluruh para peserta pelatihan dari 243 Desa se-Kabupaten Sergai.
            Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Sisaat membacakan sambutan tertulis Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, M.Si menyampaikan bahwa desa merupakan sebuah institusi legal formal dalam pemerintahan Republik Indonesia. Hal itu tergambar dengan adanya kewenangan penuh bagi Desa untuk menyelenggarakan urusan rumah tangganya sendiri, termasuk didalamnya adalah melakukan pengelolaan keuangan dalam penyelenggaraan pemerintahan.
            Lebih lanjut Ir. H. Alwin, M.Simenyampaikan sampai dengan bulan Desember 2015 ini, seluruh Desa di Kabupaten Sergai telah menerima dana Desa yang disalurkan Pemerintah Pusat kepada Desa sebesar Rp.64.319.789.000,- (enam puluh empat milyar tiga ratus sembilan belas juta tujuh ratus delapan puluh sembilan ribu rupiah), sementara Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.42.366.099.366,- (empat puluh dua milyar tiga ratus enam puluh enam juta sembilan piluh sembilan ribu tiga ratus enam puluh enam rupiah) dan Dana Bagi Hasil Pajak/ Retribusi Daerah untuk Desa yang telah direalisasikan sebesar Rp.5.739.504.775,- (lima milyar tujuh ratus tiga puluh sembilan juta lima ratus empat ribu tujuh ratus tujuh puluh lima rupiah). Untuk itu pengelolaan keuangan desa harus sama halnya dengan pengelolaan keuangan Pemkab, yang didalam pelaksanaannya ada aturan perundang-undangan serta sanksi apabila pengelolaannya menyimpang dari ketentuan.
            Mengakhiri sambutannya Pj. Bupati Sergai berharap kepada seluruh perangkat desaagar pelatihan yang berlangsung dapat dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin dan diarahkan untuk revolusi mental, peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam pelaksananaan tugas pokok dan fungsi aparatur pemerintahan desa dalam bidang antara lain manajemen pemerintahan desa, penyusunan perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan dan aset desa serta penyusunan produk hukum desa. “Karena denyut pembangunan dimulai dari desa”, pungkas Ir. H.Alwin.
            Sebelumnya Kepala BPMPD Sergai H. Karno, SH, MAP dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan ini sebanyak 711 orang berasal dari 237 desa se-Sergai yang terdiri  dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa.
Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 14 – 15 Desember 2015 ini bertujuan agar para kepala desa mampu memahami pengelolaan sumber-sumber pendapatan desa yang antara lain bersumber dari dana transfer Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten yang disebut dengan dana desa, Alokasi Dana Desa (ADD), dan dana bagi hasil pajak/retribusi daerah untuk desa. Kemudian agar para sekretaris desa memahami tugas dan fungsinya sebagai koordinator pelaksana teknis pengelolaan keuangan desa serta para bendahara desa mampu melaksanakan tugas sebagai petugas penerima, pengeluaran dan penatausahaan keuangan  desa.
            Narasumber pada kegiatan ini menyampaikan materi tentang gambaran umum keuangan desa, pencegahan tindak pidana korupsi terhadap penggunaan dana desa, pendampingan, pengawalan dan pengamanan pembangnan dan pemerintahan desa, pengawasan dan pemeriksaan penggunaan APBDES hingga penyusunannya.
(Biro Sumut.M.Nasir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: