HEADLINE NEWS

Pj. Bupati Sergai Sampaikan Nota Pengantar RAPBD TA 2016

Serdang Bedagai, Pikiran nasional
            Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 52 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2016, telah ditegaskan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menyusun APBD didahului dengan penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Penyusunan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) harus disepakati oleh Pemda dengan DPRD untuk kemudian dipakai sebagai dasar penyusunan APBD.
            Demikian disampaikan Pj. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Alwin, M.Sidalam sambutannya saat menyampaikan Nota Pengantar Rencana APBD  tentang APBD TA 2016 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Sergai di Sei Rampah, Senin(14/12).
            Rapat paripurna yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua DPRD Sergai Hasbullah Hadi Damanik, SE,  turut juga dihadiri Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar ST, para Anggota DPRD, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan Camat se-Sergai.
            Dilanjutkan oleh Pj. Bupati Sergai bahwa dalam dokumen tersebut telah tertuang butir-butir kebijakan yang akan ditempuh oleh Pemda yang harus dijadikan pedoman dan acuan dalam menentukan prioritas pembangunan dalam APBD TA 2016 yaitu pertama peningkatan pembangunan infrastruktur, pengembangan potensi sumber daya energi, potensi pertambangan dan penataan ruang yang berwawasan lingkungan. Kedua, Peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat. Sedangkan Ketiga, peningkatan produksi dan ketahanan pangan, Keempat, peningkatan daya saing perekonomian daerah berbasis pedesaan serta Kelima, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.
            Sedangkan untuk struktur APBD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai TA 2016 lanjut Ir. H. Alwin yang terdiri dari pendapatan daerah, belanja daerah yang menyangkut belanja tidak langsung dan belanja langsung serta  pembiayaan daerah yaitu penerimaan daerah dan pengeluaran daerah.
            Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin menjelaskan dalam rancangan APBD Pemkab Sergai TA 2016, pos pendapatan daerah direncanakan berjumlah Rp.1.440.262.749.215,00 meningkat sebesar Rp.156.500.157.478,00 atau sebesar 13.39% bila dibandingkan dengan pendapatan daerah pada P-APBD TA 2015 yaitu sebesar Rp.1.283.762.591.737,00.
            Untuk belanja daerah pada APBD Kabupaten Sergai TA 2016 direncanakan sebesar Rp.1.439.262.749.215,00 . Dari jumlah belanja tersebut dialokasikan untuk belanja tidak langsung dalam rangka kepentikan aparatur sebesar Rp.716.511.672.245,00 dengan persentase 49.78%. Sedangkan untuk belanja langsung dalam rangka kepentingan pelayanan publik sebesar Rp.722.751.076.970,00 dengan persentase 50.22%. Pada APBD Pemkab Sergai TA 2016 direncanakan pengeluaran pembiayaan pada pos penyertaan modal (investasi) Pemda sebesar Rp.1.000.000.000,00, papar Pj. Bupati Sergai.
            Mengakhiri sambutannya Pj. Bupati H. Alwin mengungkapkan ada satu hal yang perlu digarisbawahi bahwa dengan semangat desentralisasi dan otonomi daerah, semakin besarnya dana dan sumber daya yang harus dikelola oleh daerah termasuk desa, tentu saja menuntut tanggung jawab yang besar untuk mengelolanya secara tertib dan amanah sehingga dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kepentingan masyarakat Sergai. Oleh karenanya dukungan segenap pihak sangat kami harapkan agar tanggung jawab dan beban amanah ini dapat dilaksanakan, pungkas H. Alwin.(Biro Sumut.M.Nasir)
Nota Pengantar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: