HEADLINE NEWS

DIPA TA 2016 Kabupaten Sergai Senilai Rp 1,313 Triliyun

Photo Bersama
Serdang Bedagai.Pikiran Nasional
Pj. Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Alwin MSi menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran (TA) 2016 yang diserahkan langsung Plt Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir. H. T. Erry Nuradi MSi di Aula Martabe Kantor Gubernur Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (18/12).
Hal ini dikemukakan Kabag Humas Setdakab Sergai Dra. Indah Dwi Kumala kepada wartawan.
Lebih lanjut dijelaskan Kabag Humas bahwa  bahwa DIPA TA 2016 yang diterima Kabupaten Sergai terdiri dari dana transfer ke daerah dan dana desa sejumlah Rp. 1,313 Triliyun akan dialokasikan ke anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak sejumlah Rp 44,216 miliar, DBH Sumber Daya Alam Rp 3,439 miliar dan pos Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 774,457 miliar.
DIPA (1)Kemudian Dana Alokasi Khusus sejumlah Rp 341,902 miliar, Dana Insentif Daerah Rp 5 miliar dan Dana Desa sebesar Rp 144,302 milyar.  Juga dijelaskan bahwa pada anggaran R-APBD 2016, Pemkab Sergai lewat tahapan penyusunan KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Pembiayaan Plafond Anggaran Sementara) mengajukan kepada pihak Legislatif sebesar Rp 1,440 Triliun untuk disetujui, papar Kabag Humas Indah
Dengan dilaksanakannya penyerahan DIPA ini  Pj. Bupati H. Alwin berharap agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih tepat waktu dan sasaran serta lebih merata, khususnya pembangunan perekonomian demi kesejahteraan masyarakat. “Percepat pembangunan infrastruktur untuk memperkuat fondasi pembangunan yang berkualitas”, ujar Indah.
Dalam kesempatan itu Plt. Gubsu Ir. H. T. Erry Nuradi MSi menginformasikan bahwa alokasi belanja kementerian negara/lembaga dalam APBN tahun 2016 didistribusikan melalui 87 kementerian negara dan lembaga, yang mendapat tugas untuk mengelola anggaran terbesar antara lain Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pertahanan, Kepolisian RI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, Kementerian Riset dan Tekonologi dan Pendidikan tinggi serta Kementerian Pertanian.
“Alokasi belanja kementerian negara/lembaga tersebut untuk melanjutkan program prioritas pembangunan mencakup infrastruktur konektivitas, pendidikan, pemenuhan alokasi anggaran kesehatan, kedaulatan pangan dan energi, kemaritiman, pariwisata, pertahanan serta pengurangan kesenjangan,” sebut Erry.
Plt Gubsu mengihimbau dengan penerimaan DIPA tahun 2016, kepada Kabupaten/Kota yang ada di Sumut agar segera menyesuaikan APBD di daerah masing-masing. “DIPA ini harus dimanfaatkan dengan baik dan penyerapan anggaran agar dilaksanakan secara maksimal serta segera melakukan pembangunan-pembangunan yang ditunggu masyarakat,” ujar Plt Gubsu.
Khusus untuk Dana Desa, Plt Gubsu Erry Nuradi  mengharapkan peningkatan dana desa yang diterima harus sebanding dengan pengetahuan sumber daya manusia dari aparatur pemerintah desa sehingga penggunaannya lebih terarah, tidak tumpang tindih, dan benar-benar dapat memberi manfaat bagi masyarakat desa. Diharapkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat melakukan penajaman pengetahuan aparatur pemerintah desa kita tentang pengelolaan keuangan di desa , pungkas Erry Nuradi.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provsu, Mirza Effendi, FKPDS Provsu, Kepala BIN dan Instansi Vertikal yang ada di Sumut, para Bupati/Walikota se-Sumut, Kepala BPK RI dan BPKP Provsu serta SKPD Provsu.
(Biro Sumut.M.Nasir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: