HEADLINE NEWS

AKIBAT CUACA BURUK 5 NELAYAN ASAL BIMA TERDAMPAR DI KEPULAUAN SELAYAR

Sulsel 1

PIKIRAN NASIONAL Sulsel – kejadianya Sekitar hari jumat tanggal 25 Desember 2015 sekitar Jam 03.30 dini hari telah di temukan 5 (lima) orang nelayan asal Bima  yang terdampar di perairan tangkala Desa Parak Kec Bontomanai Kab. Kep. Selayar,akibat pada saat itu cuaca memang sangat buruk
Adapun identitas korban yang di temukan sebagai berikut …
Nama  : LA AMU
Umur  : 41 Tahun
Pekerjaan : Juragan Kapal
Alamat  : Desa Tura Kec. Sampulawa Buton KabupateN Buton Selatan Prov.Sultra

Nama  : LA DIUN
Umur  : 36 Tahun
Pekerjaan : Bas Kapal
Alamat  : Desa Tura Kec. Sampulawa Buton KabupateN Buton Selatan Prov.Sultra

Nama  : AWAN
Umur  : 18 Tahun
Pekerjaan : ABK Kapal
Alamat  : Desa Tura Kec. Sampulawa Buton KabupateN Buton Selatan  Prov.Sultra

Nama  : IRFAN
Umur  : 17 Tahun
Pekerjaan : ABK Kapal
Alamat  : Desa Tura Kec. Sampulawa Buton KabupateN Buton Selatan Prov.Sultra

Nama  : NANU
Umur  : 15 Tahun
Pekerjaan : ABK Kapal
Alamat  : Desa Tura Kec. Sampulawa Buton KabupateN Buton Selatan Prov.Sultra

Sulsel 3Nama kapal adalah KLM NIAGA SELAM, Mesin Induk TS 300 / Yanmar 300 dan Kapal tersebut berangkat dari Kab. Bima NTT menuju Kab. Buton Sultra pada hari Selasa tanggal Desember 2015 dengan memuat garam sebanyak 850 karung dengan berat 50 kg per karung.

Adapun kronologis kejadian yakni pada hari kamis tanggal 24 Desember 2015 sekitar pukul 19.00 Wita kapal mengalami kebocoran kemudian ABK berusaha menguras air namun kapal tesebut mengalami mati mesin sehingga air bertambah deras masuk ke lambung kapal melalui saringan udara dan Pukul 19.30 Wita para awak kapal memutuskan untuk meninggalkan kapal yang sudah tenggelam dengan cara berenang dengan menggunakan 7 (tujuh) buah jerigen ukuran 20 liter namun di tengah laut 6 jerigen mengalami kebocoran dan tenggelam selanjutnya ke 5 korban bahu membahu berenang dengan menggunakan  1 buah jerigen hingga ke pinggir pantai Tangkala Selayar Desa Parak Kec.Bontomanai Kab.Kep. Selayar.

Pada hari jumat tanggal 25 Desember 2015 sekitar jam 03.30 Wita ke 5 (lima) orang tersebut di temukan oleh lel. MUSYAHRIR, 51 tahun, Nelayan, alamat Dusun Tanabau, selanjutnya ke 5 korban tersebut di bawa ke polsek untuk di data sekanjutnya di antar ke puskesmas polubungen oleh kapolsek bontomanai Akp Ramlan beserta pemerintah setempat untuk mendapatkan perawatan di puskesmas tersebut… penjabat bupati selayar sulsel Drs syamsibar MH langsung menuju ke puskesmas melihat langsung korban dan memerintahkan instansi terkait untuk memberikan bantuan dan memfasilitasi untuk di kembalikan ke daerah asal masing masing…
Sementara itu ketua Dpw lsm lidik sulsel imran hasan mengapresiasi kerja jajaran pemerintah bontomanai dan kapolsek bontomanai Akp Ramlan serta pihak syahbandar selayar  yg telah membantu para korban sampai mendapatkan perawatan dan sekarang kondisinya para korban  sudah membaik dan sudah berada di kantor syahbandar selayar, kami mohon kepada pihak Propinsi sulsel,pihak basarnas serta polda sulsel memberikan penghargaan kepada mereka, saya juga menghimbau kepada para nelayan agar berhati hati melaut akibat cuaca buruk saat ini utamanya di sekitaran perairan selayar sulawesi selatan ( Biro Pinal sulsel)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: