HEADLINE NEWS

Insan Media Lakukan Aksi Unjuk Rasa Ke Pemkab Blitar

Demo.2
PIKIRAN NASIONAL Blitar – Terkait dengan pernyataan oknum Staf Tata Pemerintahan/Tapem Pemerintah Kabupaten Blitardengan pernyataannya yang melecehkan profesi Pers dan adanya pelecehan terhadap perusahaan Pers yang bertugas dan melakukan peliputan di wilayah Kabupaten Blitar yang dinyatakan bahwa perusahaan Pers dinilai tidak layak, memancing solidaritas para Wartawan atau Insan Media yang  bertugas meliput  di Kabupaten Blitar melakukan aksi unjuk rasa di kantor Pemkab.Blitar pada Senin ( 21/12 ).

Demo.1Berawal dari kedatangan empat perwakilan media untuk bertemu dan menanyakan tindak lanjut pemberitaan yang ada di Bagian Tata Pemerintahan –  Pemerintah Kabupaten Blitar, bukan penjelasan yang memberikan pencerahan  tapi yang didapatkan adalah penjelasan dan pernyataan dari oknum Staf Tapem dengan pernyataannya yang melecehkan profesi dan melecehkan perusahaan Pers dengan penyataan ” tidak layak ” dan hanya ada tiga media yakni satu media harian dan dua media elektronik yang layak, jawabnya.
Pernyataan dari oknum Staf Tapem – Pemkab. Blitar dipandang oleh para insan media yang bertugas dan melakukan peliputan diwilayah Kabupaten Blitar bisa membahayakan kelangsungan kemitraan antara Pemkab. Blitar dengan media – media, hal ini yang memicu aksi solidaritas para Wartawan yang mewakili media masing – masing.
Dalam penjelasan Wabup. Blitar yang diwakili Joni Setiawan dari Bagian Organisasi yng juga juga mantan Kabag.Humas – Pemkab Blitar ” yang intinya memahami kemarahan dan kekecewaan dari para Insan Pers “
Juga dari penjelasan langsung dari Kabag. Tapem – Pemkab.Blitar, Suhendro Winarso yang merupakan atasan dari oknum Staf Tapem tersebut ” mohon maaf sebesar – besarnya, karena memang di bagian Tapem – Pemkab. Blitar ada hal yang baru dibidang publikasi dan adanya keterbatasan. Menurut penjelasan Kabag. Tapem – Pemkab. Blitar tersebut yang dimaksudkan dengan ” tidak layak ” adalah tentang pemberitaan yang tidak layak untuk meng SPJ kan pemberitaan tersebut karena dibatasi oleh anggaran dan biar tidak ada duplikasi anggaran dengan pihak Humas – Pemkab. Blitar, jelasnya, “
Ada tambahan penjelasan dari Kepala Bakesbangpol – Pemkab. Blitar, Mujianto ” memang ada kesalahan penjelasan dan ada miskomunikasi, maka untuk tahun depan akan diadakan penataan kembali kemitraan antara Pemkab. Blitar dengan media – media. Dan rupanya cara penyampaiannya yang tidak pas kepada para insan media, ujarnya “
Joko Prasettyo dari aktivis LSM yang didaulat berbicara sebagai Penasehat dari para insan media juga menyesalkan yang seharusnya hal ini tidak akan terjadi jika ada komunikasi yang baik; dan ditanyakan standarnya apa dan dasar hukumnya apa bahwa media – media dikatakan ” tidak layak “.Ini akan berdampak terhadap kelangsungan hubungan antara Pemkab. Blitar dan media – media, urainya “.
Menurut Koordinator Aksi, M.Sutarto bahwa tuntutan para pengunjuk rasa adalah ada tindak lanjut dari Pemkab. Blitar terhadap oknum Staf Tapem – Pemkab. Blitar karena sudah menyangkut pelecehan terhadap profesi insan media atau profesi Wartawan dan pelecehan terhadap perusahaan Pers, yang notabene sudah bertahun – tahun media – media kita sudah eksis melakukan peliputan di Kabupaten Blitar dan tidak ada masalah. Ini ternista dengan pernyataan dari oknum Staf Tapem – Pemkab. Blitar yang menyatakan bahwa media – media kita ” tidak layak “, apa parameter dan dasar hukumnya. Para pengunjuk rasa juga menuntut adanya permintaan maaf secara tertulis dan dimuat di media – media yang ada di Kabupaten Blitar yang sudah terdaftar di Humas – Pemkab. Blitar ,jlentrehnya “. ( rel/ich )
Biro Jatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: