HEADLINE NEWS

APBD Kutai Kartanegara Bocor Sejak Tahun 2006 s/d Tahun 2014 Membayar Gaji PNS Yang Sudah Lama Pindah

Kukar newPikiran Nasional, Kutai kartanegara.— Anggaran Pendapatan Belanja Daerah tahun 2006 s/d tahun 2014 mengalami kebocoran, hal ini disebabkan ada oknum PNS yang sudah mutasi ke kabupaten berau namun gajinya masih dibayarkan oleh pemkab kutai kartanegara.

Menurut sumber informasi yang tidak mau disebut namanya, bukan hanya satu yang seperti ini, bahkan puluhan orang, salah satu contohnya PNS yang berinisial DNK gaji, tunjangan, dan gaji tambahan sebagai PNS sejak tahun 2006 s/d 2014 masih di bayarkan total mencapai Rp.219.725.000,00.

Sekretariat Daerah tahun 2014 menyajikan belanja pegawai sebesar Rp.80.635.366.55,00 atau sebesar 70% dari anggaran sebesar Rp. 113.556.728.426,13 belanja pegawai terdiri dari belanja tidak langsung.

Bedasarkan informasi yang dihimpun wartawan pikiran nasional, pegawai atasnama DNK yang sebelumnya bertugas di sekretariat Pemkab Kutai Kartanegara mutasi ke Kecamatan Talisyan Kabupaten Berau, berdasarkan SK Bupati Berau Nomor: 82129/112-SK/BKD-1/2005 tanggal 20 oktober 2005 dan SK Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Nomor: 524.3/II3-5180/TUUA/BKD-2005 tanggal 29 juni 2005 SK tersebut menyatakan bahwa gaji dan penghasilan lain mulai januari 2006 dibebankan pada APBD Kabupaten Berau.

Berdasarkan surat keterangan penghentian pembayaran (SKPP) yang diterbitkan oleh Sub Bidang Perbendaharaan Tenggarong tanggal 2 februari 2006 disebutkan bahwa saudari DNK dibayarkan gaji di Pemkab Kutai Kartanegara sampai dengan februari 2006 dengan jumlah bersih Rp.1.084.000,00. berdasarkan penelusuran daftar gaji dibagian perbendaharaan BPKAD dan Sekretariat Daerah, diketahui bahwa atas nama saudari DNK masih terdaftar dalam kartu gaji dan masih dicairkan sampai dengan Desember 2014 sebesar Rp. 217.445.000,00.

Rincian pembayaran gaji dan tunjangan pegawai tersebut sudah cukup jelas, terindikasi perbuatan melawan hukum, ada apa dengan BKD Kukar ?… dan ada apa Pemkab Kutai Kartanegara ?…..jelas diduga kuat ada unsur disengaja untuk membocorkan Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Menanggapi masalah ini Iksanudin Ketua DPC lidik Kukar menilai terindikasi telah terjadi perbuatan melanggar hukum demi keuntungan pribadi dan orang lain, terkait masalah ini sudah sepatutnya pihak terkait menindak lanjuti masalah ini hingga tuntas supaya tidak terulang lagi, diduga kuat melanggar.

A. Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2013 Tentang Wewenang Pengangkatan Dan Pemindahan Dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil:

Pasal 1 poin 2, menyatakan bahwa pegawai negeri sipil daerah adalah pegawai negeri sipil yang gajinya dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah dan bekerja pada daerah provinsi/kabupaten/kota atau dipekerjakan diluar instansi induknya.

Pasal 17 poin 1, menyatakan bahwa Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah Provinsi menetapkan pemindahan :

  1. Pegawai negeri sipil daerah antara kabupaten/kota dalam satu provinsi
  2. Pegawai negeri sipil daerah antara kabupaten/kota dan daerah provinsi

Pasal 29 menyatakan bahwa dalam rangka dan penyelenggaraan dan pemeliharaan manajemen, informasi kepegawaian pejabat Pembina kepegawaian pusat dan pejabat Pembina kepegawaian daerah wajib menyampaikan setiap jenis mutasi kepegawaian negara mengenai pelaksanaan pengangkatan pemindahan dan pemberhentian pegawai negeri sipil.

B. Peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana diubah terakhir dengan Permendagri nomor 21 tahun 2011.

1.Pasal 38 ayat (1) yang menyatakan bahwa belanja pegawai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37 huruf (a) merupakan belanja kompensasi Dalam bentuk gaji dan tunjangan serta penghasilan lainnya yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang ditetapkan sesuai dengan perundang-undangan.

Bersambung edisi berikutnya. MDR.

 

Biro Kaltim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: