HEADLINE NEWS

Struktur Bangunan Puskesmas Desa Muara Pantuan Miring, Siapa yang di Salahkan ….?

Kukar

Pikiran Nasional, Kutai Kartanegara, — Proyek Pembangunan Puskesmas Desa Muara Pantuan Kecamatan Anggana dari Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara, APBD 2015, Nilai Kontrak Rp. 3.581.442.000,00. yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT. ARJUNA JAYA MUKTI sedangkan Konsultan Pengawas PT.DEKA TARAPTI sudah banyak dikeluhkan warga setempat karena struktur bangunan sudah terlihat miring padahal bangunan baru selesai di bangun, indikasinya bangunan turun karena tidak kuat menahan beban.
Menanggapi informasi ini Pak GATOT Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menyampaikan bahwa proyek pembangunan Puskesmas ini secara adminitrasi sudah selesai, termasuk PHO dan pembayaran sudah cair 100% mengenai ada struktur bangunan miring,, sekarang ini masih ada waktu masa pemeliharaan tapi beliau juga berkomentar walau masih ada masa pemeliharaan apakah mungkin di perbaiki ?….. sebab nanti dikhawatirkan malah menjadi tambah rusak.
Kukar newTerkait masalah ini IKSANUDIN Ketua DPC Lidik Kukar menganalisa, bangunan Puskesmas ini sudah miring di indikasikan karena ada gerakan sebab adanya beban bangunan yang semakin bertambah untuk mengetahui siapa yang salah maka harus dikaji mulai dari:
1. PERENCANAAN TEKHNIS, di dalam perencanaan tekhnis dapat dilihat apakah bangunan yang terlaksana sudah sesuai dengan perencanaan ?…. kalau tidak sesuai,, maka Kontraktor Pelaksana dan Konsultan Pengawas harus bertanggung jawab !…..
2. PELAKSANAAN TEKHNIS, didalam pelaksanaan dapat dilihat apakah fisik yang terlaksana sudah sesuai dengan PERENCANAAN ?… bila sudah sesuai maka Konsultan Perencana yang harus bertanggung jawab !…
Namun ada hal yang patut dipertanyakan, sebab berdasarkan pernyataan Pak Gatot (PPK) bahwa PERENCANAAN Pembangunan Puskesmas ini dilaksanakan tahun 2014 namun setelah dilihat di LPSE Kutai Kartanegara belum ditemukan, jangan-jangan Proyek Pembangunan Puskesmas ini Tanpa Perencanaan,, , kalau proyek ini tanpa ada perencanaan maka Dinas Kesehatan yang duluan harus bertanggung jawab !…
Bersambung Edisi Berikutnya……

 

 

(Pikiran Nasional, Biro Kaltim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: