HEADLINE NEWS

PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) KE MASYARAKAT BELUM TERBENTUK, MALAHAN SAMPAH YANG MENUMPUK

pinal news

Pikiran-Nasional Kukar,—Program CSR (Corporate Social Responsibility) dalah suatau tindakan atau konsep yang dilakukan olehPerusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/ lingkungan sekitar dimana Perusahaan itu berdomisili(sesuai kemampuan Perusahaan tersebut). Contoh bentuk tanggung jawabitu berbagai macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakatdan perbaikan lingkungan, memberikan beasiswa bagi anak yang tidak mampu, memberi dana untuk pemeliharaan Fasilitas umum, sumbangan untuk Desa atau Fasilitasi Masyarakat bersifat sosial, dan berguna untuk Masyarakat banyak, khususnya  Masyarakar disekitar Perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupaka fenomena strategi  Perusahaan yang mengakomodasikan kebutuhan dan kepentingan stakholdernya. CSR timbul sejak Era dimana kesadaran akan Sustainability Perusahaan jangaka menengah  adalah lebih penting dari pada sekedar profitability.

PINAL Namun semenjak berdirinya perusahaan PT.Fajar Sakti Prima/ PT. Indonesia Pratama di Wilayah Kecamatan Tabang Babupaten Kutai Kartanegara beberapa tahun lalu, belum ada dampak positifnya terhadap Masyarakat sekitar khususnya Desa Ritan Baru dan Desa Tukung Ritan Kecamatan Tabang.Dilihat dari program Corporate Social Responsibility (CSR) selama ini kepada Masyarakat masih sangat minim sekali. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Media Pikiran-Nasional salam ini, bahwa Perusahaan pernah menjanjikan kepada Masyarakat Khususnya Desa Tukung Ritan bahwa akan diberikan sebuah Unit Pemadam Kebakaran (Damkar), namun sampai saat ini belum juga terealisasi. Sama halnya dengan Desa Ritan Baru, yang katanya akan dibangun sarana Air bersih, hingga saat ini belum kunjung dibangunkan juga. Sementara anggaran yang telah ditetapkan dan disepakati oleh Pihak Perusahaan kepada Masyarakat katanya senilai Rp 50.000.000,00; per tahun per Desa. Jika memang belum bisa disalurkan kepada Masyarakat, dana tersebut dikemanakan serta disimpan dimana, dan kapan program tersebut akan direalisasikan. Seperti yang dikatan seorang warga Desa Ritan Baru yang enggan disebut namanya “ Sampai sekarang ini kami sebagian besar Masyarakat Desa Ritan khususnya,belum merasakan manisanya dana CSR itu. Kalau memeng Perusahaan mematuhi aturan serta memenuhi tanggung jawabnya sesuai Undang-undang yakni UU No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) Pasal , dan UU No 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal” Pungkasnya sedikit menerenkan Undang-Undang kepda Media.

Dinilai dari kegiatan bantuan CSR Perusahaan selama ini bahwa dampaknya bisa dikatakan sangat minim. Contohnya saja rencana Program sarana Air bersih yang telah dijanjikan pihak Perusahaan sekian tahun lalu, katanya masih sekedar janji semata. Dan sampai sekarang, selain dari air hujan, Warga Masyarakat pun terpaksa mengambil air dari sungai belayan untuk keperluan sehari-hari, kendati konon katanya sudah tercemar oleh limbah. Tidak Cuma itu saja, Tim Wartawan beserta beberapa rekan Aktivis dengan tidak sengaja menemukan tumpukan sampah disebuah anak sungai tepatnya di Wilayah desa Gunung Sari Keamatan Tabang. Dilihat dari keberadaan tumpukan sampah tersebut, bahwa sengaja dibuang dan dibiarkan  menumpuk (Gambar Mdcc Red) begitu saja tanpa memikirkan dampak negatif terhadap kesehatan Warga setempat. Maka dari itu Warga Masyarakat sekitar tambang menduga kuat adanya pembiaran dari pihak-pihak terkait, sehingga Pihak Perusahaan tidak takut akan UU No 32 Tahun 2009 tentang  Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

 

Biro Kaltin-MdccPN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: