HEADLINE NEWS

Bangsa Indonesia, Bangsa Yang Santun

pikiran nasional

Pikiran Nasional,— Santun merupakan pribadi Bangsa Indonesia yang semakin lama semakin memudar dalam masyarakat Indonesia.Budaya santun itu sendiri mungkin semakin hari semakin terdorong oleh arus globalisasi, tetapi tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Sesungguhnya sikap dan tutur kata yang santun bisa menjadi hal yang dilihat pertama kali oleh orang lain, kita dapat memberikan kesan dari sikap dan pembicaraan kita yang santun.

Terkadang orang memandang sebelah mata tentang seberapa pentingnya bersikap santun.Padahal, santun adalah hal yang dapat dilakukan sehari – hari dan kita gunakan setiap hari. Mulai dari generasi muda yang mulai meninggalkan budaya santun, apakah sangat sulit untuk mengatakan, permisi, maaf, tolong, dan terima kasih ? Apakah menunjukan rasa hormat, menyapa yang lebih tua, dan memberikan salam membutuhkan keahlian khusus ?

Sikap dan tutur kata yang santun adalah hal yang kita perlukan sehari – hari, tentunya akan menjadi sebuah kebiasaan. Wujud dari pribadi yang santun berarti menjadi pribadi yang dapat menghargai dan menghormati orang lain. Bayangkan jika dalam dunia kerja, tanpa sengaja kita berperilaku atau bertutur kata yang tidak santun.

Tentunya globalisasi dapat diterima dengan tangan terbuka, kita harus dinamis dan siap terhadap perubahan.Tetapi bukan berarti kita meninggalkan hal penting dalam kehidupan kita, yaitu menjadi pribadi yang santun. Globalisasi yang disertai dengan bertutur dan bersikap yang santun akan menjadi suatu identitas baru bagi Bangsa Indonesia yang positif.

Menjadi orang yang santun tidak membutuhkan bakat ataupun talenta tertentu, semua orang dapat melakukannya dan semuanya dimulai dari kesadaran diri sendiri.Tidak hanya cukup menjadi pribadi yang memiliki banyak keahlian, tetapi dibutuhkan juga pribadi yang santun. Santun adalah budaya Indonesia yang harus dipertahankan, tidak membutuhkan talenta dan keahlian tertentu, semua orang dapat melakukannya, dan semua orang dapat mengajak orang lain untuk menjadi pribadi yang santun.

 

By Olivia Chintya Salim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: