HEADLINE NEWS

Pemusnahan Barang Bukti Polres Kepulauan Selayar

pikiran nasional

pinal-1Pikiran Nasional Selayar,—Pada hari ini Senin tgl 16 Januari 2016, Pkl 09.10 wita bertempat di halaman Polsek Benteng Kec. Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar dilaksanakan kegiatan Pemusnahan Barang Bukti TP UU Perikanan dan Kepemilikan / Penggunaan Bahan Peledak (UU Darurat). Adapun barang Bukti yang dimusnahkan sbb: 1. 12 Jerigen isi 2 liter berisi Pupuk. 2. 6 Jerigen isi 5 liter berisi Pupuk. 3. 5 KG Pupuk dalam Karung berwarna Putih 4. 9 Botol Aqua berusi Pupuk 5. 21 Sumbu Api yang sudah terpasang Detonator 6. 7 Buah Sumbu Api 7. 17 Botol Bir berisi Pupuk 8. 1 Buah Jerigen isi 2 liter yang diikatkan dengan 1 buah botol bir berisi Pupuk. 9.1 Buah botol Soda berisi Pupuk.

pinal-5Adapun pemusnahan Barang Bukti dilakukan dengan merusak wadah barang bukti tersebut berupa Jerigen, Botol Bir, Botol Aqua/Plastik, dan karung yg kemudian di masukkan ke dalam lobang yang sudah dibuat kemudian ditimbun. Hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus melakukan pemusnahan Barang Bukti masing-masing Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Eddy Suryantha Tarigan,S.I.K, Dandim 1415 Letkol.Arm. Yuwono, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri Selayar, Kajari Selayar, Kepala Balai TN. Takabonerate, Sekretaris Dinas Kelautan dan perikanan. Giat berakhir sekitar Pkl 10.00 wita, Situasi aman dan terkendali.

pinal-3 pinal-2

Catatan : – Barang Bukti disita dari para Pelaku Illegal Fishing yang menangkap Ikan dengan cara menggunakan bahan Peledak (Bom Ikan) dengan Jumlah tersangka 27 Orang,namun 13 diantaranya sudah dikembalikan ke keluarga krn masih di bawah umur.

Adapun Sambutan Pengantar Kapolres: – Bahwa Penggunaan Bahan Peledak atau Bom Ikan sangat merusak terumbu karang, bahkan daya rusak untuk 1 Botol Bir saja jika dilempar di kedalaman 5-10 meter, masih mengakibatkan ledakan dipermukaan dengan.ketinggian hingga 2-5 meter. Sedangkan luas area tiap ledakan mencapai 30-50 meter persegi.

– Pemusnahan Barang Bukti tersebut merupakan bentuk Komitmen Polres Kepulauan Selayar dalam memberantas Illegal Fishing di Kabupaten Kepulauan Selayar. – Kapolres Kepulauan Selayar mendukung Program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menjadikan sektor Kelautan perikanan dan Pariwisata sebagai sektor andalan salah satunya dengan mencegah dan menanggulangi Illegal Fishing.

– Kapolres mengajak kepada Koorpimda untuk bersama menyatakan perang terhadap Illegal Fishing.

– Sepatah Kata Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali pada sesi diskusi:

1. Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Selayar mengapresiasi Pengungkapan Illegal Fishing oleh Polres Kepulauan Selayar.

2. Bupati Kepulauan Selayar menyaksikan sendiri bahwa sebelum melakukan tindakan represif Kapolres telah melakukan langkah Persuasif dengan mengelilingi Pulau-pulau menyampaikan pelarangan dan Ancaman Kegiatan Illegal Fishing.

pinal-4– Bupati mengatakan bahwa Ia merasa sedih karena dengan tertangkapnya Para Pelaku yang adalah merupakan warganya, ini bukti bhwa pemerintah belum hadir ditengah rakyatnya, untuk mengetahui masalah yang dihadapi yang membuat mereka melakukan kegiatan Illegal yang melanggar Undang-undang.

– Bupati berjanji akan menyalurkan bantuan berupa modal dan peralatan nelayan, serta alat tangkap yang ramah lingkungan.

– Bupati juga memerintahkan Ajudannya untuk mendata para Pelaku yg tertangkap tersebut, untuk selanjutnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar akan membantu keluarga mereka selama mereka menjalani proses hukum.

Humas Polres Kepulauan Selayar

Biro Sulsel

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: