HEADLINE NEWS

Limbah di aliran sungai Citarum

pikiran nasional

PIKIRAN NASIONAL,16/03/2017 Majalaya Kabupaten Bandung.
Kecamatan Majalaya Kab. Bandung dulu terkenal dengan sebutan kota dolar,karena konon dulu di daerah Kab. Bandung daerah Majalaya adalah daerah yang berkembang pesat dalam ekonomi dan idustri.
Namun seiring perkembangan tersebut ada hal negatif para pelaku industri di majalaya seperti pabrik-pabrik yang membuang limbah langsung ke aliran sungai Citarum.
Limbah-limbah tersebut termasuk limbah berbahaya yg dapat merusak ekosistem di aliran sungai citarum.
Menurut narasumber kami yg tidak mau di sebutkan namanya, limbah tersebut setiap hari dibuang ke aliran sungai Citarum bukan hari kerja saja bahkan hari minggu pun di buang dan biasanya lebih sering dibuang pada malam hari,aliran pembuangan hanya satu tapi dari beberapa pabrik textile yg di alirkan melalui satu selokan.
Menurut beliau dan warga bantaran sungai Citarum bila musim kemarau tiba limba-limbah tersebut dapat menyebabkan bau,gatal-gatal dan mencemari sumur yang biasa mereka gunakan untuk keperluan sehari-hari,beda dengan musim hujan bau menyengatnya tidak terlalu ke hisap.
Menurut warga disana Beberapa Ormas,LSM serta dari Pemerintahan pernah memantau lokasi pembuangan limbah namun belum ada hasil yang positif dan limbah masih di buang ke aliran sungai Citarum.
Selain limbah industri di aliran sungai citarum,juga banyak sampah yang menumpuk yang bila lama-lama akan menyebakan pendangkalan sungai Citarum hingga menyebabkan banjir di bantaran sungai Citarum Khususnya di Kec. Majalaya. (Kurnia Sandi)

Biro Kab.Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: