HEADLINE NEWS

PEMUDA PANCASILA PILAR UTAMA BANGSA

DSC06438

Moment foto bareng PP senior dan PP junior

Pikiran Nasional Kukar,— Peran serta pemuda dalam merintis dan merumuskan kemerdekaan republic Indonesia berbuah kesuksesan cemerlang di era puncak ke emasanya tahun 1945 silam, dengan di kumandangkanya Pidato Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia 17/08 masa silam, yang di motori oleh tokoh besar pemuda Ir. Soekarno dan Bung Hatta beserta barisan pemuda pemudi seluruh kepulauan nusantara telah berhasil menghantarkan Bangsa tercinta ini kepada cita-cita luhur bangsa yakni Merdeka nan abadi.
Momentum itu adalah merupakan bukti peran penting pemuda yang merupakan tonggak sejarah nasional di bumi pertiwi kita tercinta dalam meniti sejarahnya. Namun tugas dan beban pemuda di masa  itu belum sepenuhnya tuntas, di lanjutkan agenda perjalanan para Pemuda Pemudi dalam berbagai pertemuan di forum seminar, majelis tingkat nasional, pemuda pemudi se Indonesia berkumpul di ibu kota Jakarta, juga di berbagai daerah membentuk satu kekuatan solid menjalin persatuan kesatuan demi tegaknya impelementasi semboyan dasar 5 (lima) sila Pancasila yang harus dan wajib di amalkan hingga terpatri dalam jiwa sanubari setiap pemuda pemudi di seluruh penjuru NKRI. Pola sikap mental, moral serta kesamaan prinsip idiology adalah poin penting dalam mempersatukan para pemuda pemudi pada masa itu yang tidak lepas dari acuan 5 (lima) dasar asas Pancasila.
Para pemuda terkumpul dari berbagai lini dan lapisan masyarakat membangun kekuatan dari kaum intelektual muda, cendekiawan, ekspatriat, diplomat, kaum pemuda oriental, aktivis serta militan bahu membahu, merumuskan dan mendeklarasikan berbagai parpol dan organisasi kemasyarakatan Pemuda yang berlandaskan Pancasila. pada masa era itu, para pemuda pemudi bangsa terus melakukan berbagai terobosan-terobosan dalam bidang diplomasi di berbagai konverensi tingkat tinggi dunia, demi mencari keabsahan pengakuan merdeka dalam makna yang sebenarnya, “dengan sikap tegas dan berani menyatakan bangsa Indonesia lepas dari segala bentuk penjajahan kolonialisme”.
Pada masa itu peran serta Pemuda Indonesia yang mengusung ideology Pancasila terus maju dan melaju, siap sedia  berada di garda terdepan mewakili segenap bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan serta hambatan baik yang bersifat ancaman dan rongrongan yang megarah kepada keutuhan ketahanan bangsa.

Pentingnya kehadiran kita saat ini selaku pemuda pemudi bangsa cukup merenungkan dan memaknai segala bentuk perjuangan yang mereka wariskan, bagi seluruh rakyat Indonesia dan sudah jelas generasi penerus penyambut tongkat estafet ada di tangan pemuda. Hari ini tanpa kita sadari barisan ormas nasional yang tertua dan semakin solid memperkokoh keberdaanya di benua etam Kalimantan Timur, Pemuda Pancasila MPW KALTIM yang di Ketuai oleh Said Amin SH.sejak beberapa tahun silam terhitung sukses di bawah garis komandonya selaku nahkoda yang mampu menghidupkan armada organisasi ini semakin eksis dan solid dan semakin di perhitungkan di bumi benua etam ini. Dan yang terpenting menjadi salah satu agenda besar Pemuda Pancasila  khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara, PP PAC Kec. Semboja membentuk lini barisan Pemuda Komando Inti militan generasi baru yang berlangsung selama dua hari, pada hari acara puncak Latihan dasar militer dan pembaretan anggota Koti PAC yang berlangsung pada 7/5 di pantai ambalat Kec. Samboja, acara terhitung sukses dan tanpa kendala sekaligus merupakan moment penting dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi segenap pemuda yang turut serta. Dan tidak lupa pada pelaksanaan acara puncak setelah terbenamnya mentari, sebelum melaksnakan upacara inti para barisan pemuda yang ikut serta, dalam penggemblengan fisik dan mental juga wajib mengisi sisi spiritualismenya, bersama-sama  melaksanakan shalat maghrib berjamaah, kemudian di lanjutkan ke sesi upacara penghormatan terakhir, acara yang di pimpin langsung oleh Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Kutai Kartanegara Awang Wahyu, yang juga sekaligus mengusung obor dan menyulutkan api unggun dengan nyala api menjulang ke udara, yang menghidupkan suasana hening di pantai ambalat malam itu menjadi terang benderang. Acara seketika kembali terasa khidmat dan larut dalam suasana sacral, ketika para pemuda peserta satu persatu mengucap sumpah dan mencium bendera kebesaran Pemuda Pancasila kemudian menghadap kepada Ketua Koti MPC Hendrawan dalam penyematan pembaretan.

DSC06496
Ketua PP MPC Kukar Awang Wahyu Bersiap Menyematkan Baret Pertama Ke Peserta pelatihan
Setelah upacara pembaretan telah usai di sematkan ke beberapa anggota baru militan Komando inti PAC samboja, yang berjumlah kurang lebih seratus peserta, upacara penghormatan terakhir telah resmi di bubarkan oleh pimpinan upacara. Acara berlanjut ke sesi panggung, di mana pentas acara telah di siapkan yang jaraknya tidak jauh dari sekitar pantai, suasana berubah ketika para pemuda baru peserta pelatihan menghampiri pentas, dimana terlihat jelas di depan panggung  para petinggi dan perwakilan dari Pemuda Pancasila MPW DANKOTI Kaltim Kak Iwai beserta Sekertaris Komando Inti MPW Kaltim Arafat  juga turut serta menghadiri  acara
DSC06541
DANKOTI PP MPC Kukar Hendrawan menyematkan Baret sekaligus penyiraman air bunga
Kemudian session pidato di ambil alih oleh Ketua Pemuda Pancasila MPC Kukar Awang Wahyu yang meneriakkan yel-yel “Pancasila Abadi” sebanyak 3 (tiga) kali dengan semangat yang berkobar dan dengan segera di sambut balik oleh seluruh peserta yang terbakar semangat generasi baru, membalas dengan yel-yel yang sama, bahwa inti dari isi pidato Ketua MPC awang wahyu “agar pemuda yang turut serta dalam kegiatan  lebih memaknai dan menjiwai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila yang menjunjung tinggi persatuan dan rasa nasionalisme serta mengedepankan nilai kepentingan sosial, tanpa adalagi batasan kesenjangan sosial kepada segenap lapisan dan itu adalah pekerjaan penting untuk di terapkan kepada para anggota yang baru, ketika kembali bermasyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari” demikian ujar awang dalam penjabaran pidatonya.
Kemudian melangkah ke session pidato berikutnya DANKOTI PP MPC KUKAR Hendrawan menyatakan “Bangga kepada Pemuda Koti Kec. Semboja, yang tergabung dalam kegiatan Latihan dasar militer kepemimpinan dan kedisiplinan, momen ini adalah kunci utama para pemuda dalam memperjuangkan dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ruh Pancasila, untuk dapat di  terapkan di kehidupan bermasyarakat dalam mengatasi segala macam bentuk hambatan dan tantangan yang merongrong nilai persatuan dan kesatuan bangsa” demikian pemaparan Hendrawan dalam sambutan pidatonya waktu itu.
Demikian pula halnya yang di sampaikan Sekertaris PP KOTI PAC Samboja  A.Rustam, ketika di wawancara oleh media ini, “moment yang berlangsung ini memupuk dan meningkatkan  solidaritas Pemuda Pancasila Samboja dan yang terpenting, dalam melakukan berbagai kegiatan saat di lapangan, tidak lepas dari alur yang tertuang pada AD/ART  organisasi dan garis komando ketika di persiapkan untuk melakukan berbagai macam bentuk antisipasi, terhadap segala macam bentuk ancaman di kubu NKRI, dan yang terpenting di acara kami ini. Bisa di jadikan percontohan bagi Kecamatan lain untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat sama dan kami siap menunggu, undangan selanjutnya Salam Pancasila Abadi”  demikian terangnya.
Waktu pun semakin larut dalam suasana heningnya pantai Ambalat yang menghembuskan tiupan angin dingin malam itu, memaknai kesakralan acara yang  seolah membawa suasana kejiwaan kita, larut dan melebur dalam rasa Patriotisme pejuang pendahulu kita, yang dalam hembusan helai nafas merasuk sila 1-5 hingga terpatri ke lubuk sanubari jiwa pemuda kita, yang sadar akan makna luhur  Pancasila Sakti. Sebagai  generasi penerus bangsa setiap pemuda adalah asset besar bagi bangsa ini yang wajib menanamkan dan menumbuhkan kecintaan kita terhadap Pancasila, agar ideology bangsa ini menjadi benteng yang kokoh bagi setiap asset pemuda kita untuk tidak mudah terdoktrin ideology yang bersifat memecah belah hak hak asasi kemanusiaan dengan menjual berbagai macam kepentingan yang datang dari luar bangsa besar kita ini. (M.IR/MD)

Biro Kaltim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: