HEADLINE NEWS

ALIANSI KELUARGA BESAR RAKYAT KONSEL MENGGUGAT ‘’PT MARKETINDO SELARAS’’

IMG-20170515-WA0001

KONAWE SELATAN,SULTRA.PIKIRIAN NASIONAL.Aliansi keluarga besar konawe selatan (konsel)Provinsi Sulawesi Tenggara(Sultra),menggugat PT. Marketindo Selaras yang bergerak di bidang Perkebunan Tebu (Pakbrik tebu) Pengelolahan Gula Pasir,di desa Lamoso, kecamtan angata, kabupaten konsel senin(15/05/2017).

Massa Yang Tergabung dalam Aliansi Masyarakat Konawe Selatan menggugat PT Marketindo Selaras , gelar Unjuk Rasa di depan Kantor Pabrik Gula, PT.Marketindo Selaras di desa Lamoso, Kecamatan Angata,Kabupaten Konsel, Provinsi Sultra,dalam Orasinya Muh Alkirap sebagai Jendral Lapangan dan Aswan Sebagai Wakil Jenral lapangan yang tergabung dalam Keluarga Besar Rakyat Konawe Selatan Mengggugat PT.Marketindo Selaras dalam Orasinya Meminta Pihak Perusahaan Agar segera beroperasi Kembali atau Mengoprerasikan kembali perusahannya dan membuka lapangan pekerjaan,dan penuhi hak-hak karyawan,dan Bila Perusahaan tidak bersedia untuk beroperasi kembali, maka segera kembalikan tanah tersebut kepada masyarakat sebagai lahan tidur selama 20 tahun,Terang Massa

Menurut Massa yang tergabung dalam aliansi keluarga besar konawe selatan sesuai Pertanyatan sikapnya Yang tertulis , terhitung sejak tahun 1996 pihak PT Madu Bukari yang sekarang ini berubah nama Menjadi PT marketindo Selaras Telah menginjakan kakinya di bumi Anoa Sultra yang tepatnya di kecamatan Angata,kabupaten konsel,kemudian berperasi sebagai salah satu perusahaan penghasil Gula terbesar di Sulawesi dan Tentu hal ini akan berdampak baik pada masyarakat Angata sebagai putra –putri daerah karena akan mengurangi pengagguran dan secara tidak langsung akan mensejahterakan masyarakat Kecamatan Angata pada Khususnya.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu Perusahan ini telah Gagal total untuk beroperasi terhitung sejak tahun 1999 sampai sekarang,tentu Hal ini menimbulkan polemic di kalangan Masyarakat sehingga terjadi reaksi besar besaran di tahun 1999 sebagai bentuk protes terhadap pihak perusahaan dan Alhasil pihak perusahaan berjanji akan beroperasi kembali dalam waktu 4 tahun Mendatang, tetapi sampai saat ini pihak perusahaan tidak menempati janjinya tersebut, bahkan pihak perusahaan PT Marketindo Selaras dengan terus menerus Membeli lahan kepada Masyarakat,Menurut Pernyataan sikap ALIANSI KELUARGA BESAR RAKYAT KONSEL.

Selain itu Pihak Perusahan pernah bejanji akan beroperasi kembali tapi nyatanya sampai saat ini belum beroperasi pada awal tahun 2017,Olehnya itu kami dari Masyarakat Konsel Menggugat kembali turun ke jalan untuk menyuarakan keluh kesah Masyarakat Angata.
Olehnya itu Kami Menuntut kepada pihak Perusahaan PT.Marketindo Selaras untuk:
Segera operasikan kembali perusahaan PT. Marketindo Selaras untuk:
1.Segera opersikan kembali perusahaan dan membuka lapangan pekerjaan
2.Penuhi Hak hak Karyawan /Orang tua kami yang telah lama bekerja di perusahaan dan Gaji yang tidak sesuai dengan UU Ketenaga kerjaan serta Pergub
3.Bila Perusahaan tidak bersedia untuk beroperasi kembali, maka segera kembalikan Tanah tersebut kepada masyarakat karena telah menjadi lahan tidur selama 20 tahun,Menurut pertanyataan sikap Aksi.
Apabila Pihak perusahaan mengindahkan apa yang menjadi tuntutan kami maka persoalan ini akan kami kami kawal sampai di Gubernur sultra dan DPRD sultra,Menurut Pernyataan sikap Aksi massa yang tergabung dalam Aliansi Keluarga Besar Konsel.

Untuk itu Pihak Perusahaan PT Marketindo Selaras Angkat Bicara terkait Tuntutan Massa Aksi, Menurut Sartin (Humas) PT. Marketindo Selaras saat di temui Media ini Mengatakan pihak Perusahaan kami tidak pernah berhenti berjalan, dan sampai saat ini perusahaan kami tetap jalan, seperti pengembangan bibit unggul,penelitian Parites yang paling bagus,untuk bibit kedepan, dibidang perbengkelan, tetap jalan, dan karyawan yang bekerja di perusahaan kami kurang lebih 70 orang Tenaga Kerja
Menurut Massa perusahaan kami tidak jalan itu tidak benar dan siapa bilang perusahaan ini tidak jalan kami tetap jalan, Cuma Produksi gula belum karena masih terkendala lahan, karena kita masih kekurangan Lahan, Terangnya

Sementara Gaji karyawan perusahaan kami tetap mengikuti aturan yang ada sesuai dengan Upah Minimun pekerja (UMP) dan lama kerja hanya 7 jam /hari, tandasnya.dan Mengenai tuntutan masyarakat sebenarnya tidak pernah kurang dari Standar Gaji, sesuai UMP dan PERGUB, Jelas Bapak Sartin (Humas) PT Marketindo Selaras saat di temui media ini di kantornya baru-baru ini.
Adapun Tenaga Kerja yang aktif sejak tahun 2004 sampai sekarang masih kurang lebih 70 orang dan baru – baru ini sebagian ada yang sudah Pensiun sekitar 12 Orang .
Sementara yang menjadi kendala pihak perusahaan kami hanya Masalah Lahan yang belum cukup yang masih Spot-Spot, dan kami pihak perusahaan tetap Upayakan jalan dan Beroperasi.dan dana Perusahaan sudah siap tinggal menunggu waktu kita akan upayakan jalan.Cuma sekarang terkendala lahan yang masih kurang,Jelas Sartin.

Apabila Perusahan kami yaitu Pabrik Tebu nantinya jalan beroperasi pihak kami tetap akan menampung, kita akan merekrut tenaga kerja Lokal, Memperdayakan masyarakat Lokal khususnya Masyarakat Kecamatan Angata, dan pada Umumnya Masyarakata Konsel,Uangkapnya.
Apabila pabrik Tebu kami jalan tentunya Berdampak positif bagi masyarakat setempat,untuk kesejahteraan bersama, Uangkap bapak Sartin (Humas) PT. Marketindo Selaras yang sudah lama mengabdi Perusahaan tersebut.
Laporan : Edison.S

Biro Sultra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: