HEADLINE NEWS

DUA PULUH DESA KELURAHAN DEKLARASIKAN DESA ODF

20158319_104821766853089_1559488931_n

KEPULAUAN SELAYAR, – Desa bontolempangan Kecamatan Buki, Kabupaten kepulauan Selayar, menjadi pusat pelaksanaan Pendeklarasian Open Defecation Free (ODF) dirangkaikan Kampanye Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas) Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, yang berlangsung di Alun Alun Desa Bontolempangan Kecamatan Buki, Selasa (18/7/17).

20196946_104821846853081_1042055766_nBupati Kabupaten kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali, yang menyaksikan langsung pendeklarasian tersebut sekaligus mencanangkan Germas, Tingkat Kabupaten. Hadir dalam dalam pendeklarasian tersebut serta Kampanye Germas, diantaranya Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) drg. Hj. Dyah Lilyana M Kes, mewakili Kadiskes Prov Sulsel, Ketua DPRD, Ir. Arifin Daeng Marola, Ketua Pengadilan Negeri, Kasdim 1415 Kodim, Mayor Inf. Junaid, mewakili Dandim,

Kadis kesehatan dr. H. Husaini, M Kes, serta seluruh Kepala organisasi Perangkat Daerah (OPD) Camat, Kades serta Lurah dan Ketua BPD serta masayarakat Desa Bontolempangan.

20206041_104821853519747_897214983_nBupati Kabupaten kepulauan Selayar, Muh BASLI Ali, dalam sambutannya mengatakan bahwa, tantangan besar tentang kesehatan, diantaranya beberapa penyakit baik yang tidak menular dan maupun yang menular. Olehnya itu pendeklarasian Desa/kelurahan ODF serta Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, maka mulai saat ini stop membuang air besar disembarangan tempat.

Bupati Basli Ali, jugfa katakan bahwa terkait pengembangan sektor pariwisata, maka tidak mau melihat lagi ada warga masih membuang jamban disembarang tempat, termasuk kotoran ternak yang berkeliaran.Khusus ternak diminta kepada para Camat dan Sat Pol PP agar setiap saat turun langsung memantau ternak yang masih berkeliaran tersebut terkait penegakan Perda tentang Ternak.

Sementara Kabid Kesmas Diskes Provinsi, drg. Hj. Dyah Lilyana, M Kes dalam sambutan Kadis Kes Prov, mengatakan bahwea, Upaya yang dilakukan secara bersama sama, memperluas pendekatan penerapan melalui program Pamsimas kesehatan melalui sanitasi dasar masyarakat. Kalau kerja keras yang dilakukan oleh Kabupaten kepulauan Selayar tentang perilaku hidup sehat, maka kitra berharap Sulsel bisa mencapai urutan I Nasional bidang kesehatan.

Tentunya hal hal ini, dapat diikuti oleh Kabupaten lainnya serta Desa Desa lain, khususnya yang ada di Kepulauan Selayar. Kadis kesehatan Kepulauan Selayar, dr. H. Husaini, M Kes, dalam laporannya selaku Ketua Panitia, melaporkan bahwa, dasar Desa pendeklarasian ODF serta Kampanye Germas adalah untuk mempertahankan prestasi yang pernah diraih yaitu prestasi Swatisabah.

Pencanangan Desa Kelurahan QDF dan Kampanye Germas, ditandai beberapa rangkaian diantaranya, pendeklarasian Desa QDF yang dilakukan oleh Dua Puluh Kades dan Lurah secara bersama sama serta penanda tanganan papan pendeklarasian dan Kampanye Germas. Selain itu juga dilakukan penyerahan piagam oleh Bupati Muh. Basli Ali, kepada 20 Kades Lurah yang mendeklarasikan Desa Kelurahan QDF serta Kampanye Germas dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi diikuti oleh pejabat Forkopimda, Camat Buki Ince Rahman S, Sos, dan Kades Bontolempangan Jamaluddin serta unsur Pemuda Mursalim. Selain itu dilanjutkan dengan gerakan peregangan otot dan peninjauan Sayur buah serta pemeriksaan Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: