HEADLINE NEWS

“MIRHANSONO” Kades Air Kering I Kec. Padang Guci Hilir Kab.Kaur diduga Korupsi Dana Desa (DD)

spin

Mirhansono Kepala Desa Air Kering I

Padang Guci, Kab Kaur. 2017. Masyarakat Desa Air Kering menuding Mirhansono Kepala Desa Air Kering I Kec.Padang Guci Hilir Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu diduga dikorupsi Dana Desa (DD) diperkirakan mencapai Rp.300 jutaan pada tahun anggaran 2016.

Kami merasa kecewa pak, dengan hasil pembangunan di desa kami ini sebab ada informasi bahwa volume kegiatan dicurigai tidak sesuai dengan RAB,, sebenarnya masalah ini sudah sering kami informasikan pada LSM atau Wartawan tentang pengelolaan Dana (ADD) dan (DD) di desa kami ini namun belum ada satupun yang serius menindaklajutinya padahal kami sudah membeberkan semua dugaan secara jelas namun hilang begitu saja “Keluh Warga Desa yang keberatan jati dirinya disebut dengan alasan Keamanan” usai menunjukan lokasi kegiatan pada Tim Khusus LP-RI yang turun kelapangan.

Guna memastikan kebenaran Informasi tersebut, Iksanudin aktivis anti korupsi yang tergabung dalam Tim Khusus LP-RI, melakukan pengecekan dilapangan dengan membawa LKPJ 2016 Kades, berikut kwitansi belanja barang, dan menyampaikan hasil analisa sebagai berikut :

Berdasarkan dokumen LKPJ Kades Desa Air Kering I Pada tahun 2016 bahwa Desa Air. Kering I menerima Dana Aloksi Anggaran Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sebesar Rp.718.489.000. Dan terealisasi hingga 100%. Sisa anggaran Rp. 0. Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sebesar Rp.718.489.000 diantaranya untuk membiayai lima paket kegiatan pembangunan proyek desa salah satunya adalah Pembangunan Rabat Beton Jalan Lingkungan. Dengan volume Panjang = 127 M. Lebar =3M. Nilai proyek Rp. 126.285.000. Namun setelah dilakukan pengecekan dilapangan, diduga volume proyek yang dikerjakan hanya sekitar 50 Meter saja sehingga ada indikasi kekurangan panjang sekitar 77 Meter, sedangkan empat paket kegiatan pembangunan lainya juga diduga kurang volume.

Selain itu, ada juga indikasi Mark Up Harga mengenai pembelian bahan bangunan. misalnya harga semen padang ukuran 50 Kg ditulis Rp.85.000/zak padahal harga pasaran di toko bangunan yang sama harganya cuma Rp. 60.000/zak, belum lagi belanja bahan matrial lainnya, setelah ditotal secara keseluruhan dugaan kerugian diperkirakan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Selisih harga ini diketahui setelah dilakukan perbandingan harga antara harga di kwitansi belanja kepala desa dengan harga pasaran yang lampirkan dalam laporan pertanggung jawaban (LKPJ) Kepala Desa Air Kering I Tahun Anggaran 2016. Sedangkan Mirhansono Kepala Desa Air Kering I saat di konfirmsi via handpone di nomor: 085357092XXX menyangkal bahwa pengelolaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa Air Kering I menyimpang “Menurut Mirhansono” bahwa pengelolaan Dana Desa 2016 sudah berjalan sesuai dengan rencana dan hasil kerjapun sudah diserahkan dengan masyarakat dengan Baik dan Benar. “Tegas Mirhansono” Terkait masalah ini, Tim Khusus Lidik menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat setempat apakah hal ini mau dilaporkan ke penegak hukum atau tidak ?….. “Tegas iksanudin” Saat menyampaikan informasi ini pada redaksi SPIN di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: