HEADLINE NEWS

Usir Wartawan, JOIN segera polisikan Oknum Anggota DPRD Lutra

SPIN

MASAMBA,pinal-news.com Menggelorakan solidaritas profesi, Pengurus JOIN Sulsel berencana ke Luwu Utara menemui Ketua DPRD setempat untuk menanyakan sekaligus mengindetidikasi pelaku pengusiran wartawan Media Duta, Hamsul di gedung wakil rakyat saat Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Hal ini dilakukan menurut Ketua DPW JOIN Sulsel, Rifai Manangkasi, sebagai upaya memggelorakan semangat solidaritas profesi tanpa melihat dimana jurnalis bersangkutan bekerja. “Kita ndak boleh menjustifikasi seorang jurnalis bekerja tapi mengedepankan kesolidan sesama profesi,” ujar.

Jika hasil investigasi JOIN ditemukan upaya menghalang-halangi tugas jurnalis maka akan segera menempuh jalur hukum.” Saya sudah koordinasi dengan pimpinan Media Duta dan sepakat membawa kasus ini ke meja hijau,” tambah mantan Wakil Ketua PWI Sulsel ini.

Kepada pimpinan lembaga publik diharapkan untuk menjadikan kasus ini sebagai pelajaran berharga bila masih ada oknum wakil rakyat yang tidak mengerti regulasi yang berkaitan tugas-tugas jurnalistik seperti UU KIP. “Tidak boleh ada lembaga publik atau instansi yang dibiayai oleh negera menutup akses informasi ke jurnalis kecuali membahayakan keamanan negara, taktik perang,” lanjut mantan Dewan Kehormatan PWI Sulsel.

Dua regulasi masing-masing UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers dan UU No 14/ 2008 tentang KIP tersebut akan dijadikan “Pukat” untuk menjerat oknum anggota DPRD Lutra jika terbukti mengusir wartawan tersebut dalam menjalankan tugas jurnalistik.
(imran LP-RI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: