HEADLINE NEWS

PERUSAHAAN PT. SASANA YUDHA BHAKTI YANG TERGABUNG DALAM REA KALTIM GROUP DIDUGA MELANGGAR ATURAN KETENAGAKERJAAN

20988079_470933016623933_461637853_n

Pinal-News Kukar. Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa swait didaerah Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim yang disebut dengan PT.SASANA YUDHA BHAKTI dan selaku SUB kontrak dari perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Ternama di Indonesia yang dikenal dengan sebutan PT.REA KALTIM PLANTATIONS.

20986538_470933026623932_1909497491_nPerusahaan ini didudga mempekerjakan karyawannya tidak mematuhi peraturan serta perudang-undangan yang berlaku . pasalnya , sebagian besar karyawan yang bekerja khususnya dibidang perawatan bahwa dari dulu hingga sekarang ini masih juga diperlakukan sebagai Tenaga Buruh / Pekerja harian lepas ( BHL ) . berdasarkan keterangan dari salah satu mantan karyawan yang tidak mau disebut namanya mengatakan “ selama saya bekerja dari tahun 2010 sampai saya berhenti bekerja tahun 2015 lalu , belum pernah saya mendapatkan tunjangan lainnya selain Beras , dan kami pun saat itu Cuma dipekerjakan sebagai buruh harian lepas ( BHL ) , Cuma lucunya lagi kalau sudah Tim Audit datang kami di Intimidasi bahwa kami disuruh mengaku sebagai Karyawan harian tetap ( KHT ) “Pungkas mantan karyawan tersebut . “ kami tau bahwa ,kami di Intimidasi dengan berbagai bermacam cara dan bahasa , ya apalah daya kami selaku pendatang dan ingin mendapatkan pekerjaan dan kami pun tidak bisa berbuat apa-apa selain mengikuti perintah dari atasan” Tambahnya lagi .

Berdasarkan isu yang beredar selama ini , bahwa buruh / pekerja yang dipekerjakan selama bertahun-tahun ini belum juga mendapatkan perubahan sesuai peraturan tetang ketenagakerjaan. Sedangkan Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu yang disingkat dengan PKWT yang tertuang pada KEPMEN No.100 Tahun 2004 ,karena berdasarkan Keputusan menteri tersebut Merupakan Pelaksanaan dari Undang-Undang Ketenagakerjan mengenai PKWT, yang didalamnya mengatur juga mengenai Perjanjian Kerja Harian Lepas. Dengan demikian, Perjanjian Kerja Harian Lepas Menurut KEPMEN ini merupakan bagian dari PKWT yang terdapat pada Pasal 10 s/d pasal 12 KEPMEN No.100 Tahun 2004. Namun demikian, Perjanjian kerja harian lepas ini Mengecualikan beberapa ketentuan Umum PKWT, yang mana dalam perjanjian kerja harian lepas dimuat beberapa syarat antara lain :

1. Perjanjian kerja harian lepas yang dilaksanakan untuk pekerjaan –pekerjaan tertentu yang berubah –ubah dalam hal waktu dan Volume pekerjaan serta Upah didasarkan pada kehadiran .

2. Perjanjian kerja harian lepas dilakukan dengan ketentuan pekerja/buruh bekerja kurang dari 21 ( dua puluh satu ) hari dalam 1 ( satu ) bulan .

3. Dalam hal pekerja / buruh bekerja dalam 21 ( dua puluh satu ) hari atau lebih selama 3 ( tiga ) bulan berturut-turut atau lebih,Maka perjanjian kerja harian lepas berubah menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tentu ( PKWTT ). Maka dari itu pihak Management Perusahaan PT.SYB diduga melanggar Aturan yang telah ditetapkan Oleh KEPMEN Tersebut. Karena berdasarkan Informasi yang dihimpun Media Ini bahwa pekerja /buruh dipekerjakan selama 3 bulan berturut-turut selama bertahun-tahun lamanya tanpa ada proses perubahan dari Buruh Harian Lepas ( BHL ) Menjadi Karyawan harian tetap ( KHT ) .

Menyingkapi Informasi tersebut , sebagai Pengurus Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) LSM- Lembaga Peduli Rakyat Indonesia ( LP-RI ) Kabupaten Kutai Kartanegara ( Merang Daniel-red )Menegaskan “ Sebagai Lembaga Sosial Kontrol , kami pun mencoba mengklarifikasi atas kebenaran dari Isu ini ,kalau memang benar karyawan nya dibuat Kontrak selama 3 bulan terus dilanjut lagi 3 bulan, kemudian 3 bulan lagi selama bertahun-tahun lamanya mereka bekerja masih tetap juga sebagai tenaga kerja harian lepas, tentunya kita akan melakukan Evaluasi sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama untuk mendapatkan solusi yang lebih baik. Yang salah tetap salah, itu semua harus dipertanggung jawabkan sesuai Peraturan serta perundang-undangan yang berlaku “. Tegas Merang Daniel.Biro Kukar Amd/PN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: