HEADLINE NEWS

KADES BONTOBULAENG SIKAPI MARAKNYA PENIPUAN BERKEDOK BEASISWA MARAK DI BULUKUMBA

SPIN

Rais H. Abd. Salam kepala desa Bontobulaeng

Pinal news-Maraknya hacker dan penipuan melalui sosmed dan via telpon.
Banyak manusia yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang namanya rupiah, dari bekal, perampokan, copet hingga penipuan melalui media komunikasi elektronik .

Hari ini Senin 21 agustus 2017 terjadi lagi modus penipuan berkedok beasiswa didusun pumpikatu Desa Bontobulaeng kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan , untung belum ada yang mengikuti kemauan pelaku.

Banyak orang tua murid sekolah dasar 96 Galungboddong Dusun Pumpikatu di hubungi via telepon, pelaku melancarkan aksinya dengan cara meminta no rekening untuk mengiming-imingi korbannya dengan beasiswa berprestasi dengan nominal uang 1,5 jt, namun sebelum diberikan uang korban terlebih dahulu harus mengirimkan no rekening yang memiliki saldo minimal Rp. 500.000, sehingga banyak orang tua murid kelabakan dan gencar untuk meminjam buku rekening keluarganya, ” saya dapat telpon dari seseorang katanya anak saya dapat beasiswa 1,5 jt namun harus mengirim nomor rekening terlebih dahulu, orang itu juga tau nama saya dan anak saya, tapi tidak tau darimana nadapat itu semua data. Bahkan dia juga menyebutkan beberapa nama orang tua murid yang lain jadi seakan meyakinkan ini beasiswa betul, untung ada salah seorang orang tua murid ke kepala sekolah pertanyakan tapi nabilang kepala sekolahnya hati-hatiki jangan ikuti maunya. ” ungkap salah seorang dari orang tua murid.

Pintarnya sang pelaku menargetkan waktu, dengan target cuma hari ini terakhir pengurusan.

Pelaku memakai nomor yang sama untuk menelepon orang tua murid yang lain dengan nomor handphone 082191996693, setelah beberapa kali menghubungi orang tua murid, seorang operator dari sekolah lain tidak lain keluarga dari salah satu murid bicara dengan pelaku, namun setelah di perjelas semua pelaku mematikan teleponnya.

Kepala Desa bontobulaeng juga mencoba menghubungi nomor tersebut dan mencoba mengusut pelaku , “saya mencoba menghubungi nomor yang meresahkan warga, dan mencoba mengkonfirmasi , dengan menelpon lansung ke bpk kadis pendidikan trnyata itu tdak ada, namun karena saya desak akhirnya sebut atas nama pak. Jawiruddin yang mnelpon ke pak. Kep sekolah setelah saya tanya namanya yg mnelpon dia tdk mau sebut nama kmudian dia blang sm sy jgan di ekspos pak. ” ungkap Rais H. Abd. Salam

Ini menjadi pelajaran bagi semua orang tua murid apatah lagi sekolah yang terpencil jauh dari akses media sosial dan cetak, serta pengetahuan masyarakat yang sangat minim tentang hal-hal seperti ini mereka mudah untuk dipengaruhi oleh orang-orang yang memang memiliki niat jahat. (im)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: