HEADLINE NEWS

Diduga PT. Rea Kaltim Group berkelit saat Konfirmasi masalah Pembuangan Limbah CPO nya langsung mengalir kesungai

received_474254242958477

Pinal-News KUKAR. Entah Bola Panas ini akan dilempar kemana lagi. Mulai dari pertemuan dengan Pak Cholik selaku Manager Satria Estate PT. SASANA YUDHA BHAKTI dilemparkan ke Central Office, dari Central Office dilemparkan lagi ke Pengurus Lingkungan. Sedangkan pada Saat Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LSM Lembaga Peduli Rakyat Indonesia (LP-RI) Kutai Kartanegara konfimasi terkait surat Klarifikasi Nomor : 023/LP-RI/DPC-KUKAR/VII/2017 pada hari Rabu 26/7/17 di Central Office PT. REA KALTIM PLANTATIONS, ternyata belum ada tanggapan serius dari pihak Management Perusahaan atau pihak Staf Lingkungan Perusahaan. Padahal Surat tersebut sudah satu bulan mengendap di tangan Pimpinan atau di tangan Staf Lingkungan yang lagi-lagi disebut dengan sebutan nama Pak Yoyo.

Menurut keterangan salah satu Staf Lingkungan yang mengaku bernama Arya pada saat itu, menerangkan kepada Media ini bahwa tanda tangan yang bersangkutan di surat Klarifikasi dan Konfirmasi tersebut tidak ada “ Jujur saja kami tidak berani menanggapi surat tersebut karena tanda tangan bapak tidak ada, jadi maka oleh sebab itu kami tidak berani dan takutnya nanti kalau bukan bapak yang menyurati kami” Terangnya.

Menanggapi keterangan Arya, ini merupakan suatu alasan klasik, kalau memang surat tersebut belum ada tercantum tanda tangan pengirimnya, kenapa tidak di hubungi saja langsung, padahal kontak Person pengirim serta email pun jelas-jelas tercantum pada kop Surat. Diduga piahak Perusahaan hanya mencari alasan agar permasahan ini sengaja diulur-ulur hingga urusannya menjadi blur. Seperti yang dikatakan Anderson Laing selaku Unsur Pengurus Pimpinan Cabang LSM LP-RI saat ditemui di kediamannya di Pondok Labu Tabang“ Hal ini saya betul-betul nggak habis pikir, padahal di kop surat yang dikirim pada saat itu sudah nyata ada kontak person pengirim dan nomor telpon Dewan Pimpinan Pusat LSM LP-RI kenapa tidak ada upaya untuk menghubungi jika tanda tangan pengirim tidak ada. Saya rasa ini adalah akal-akalan pihak perusahaan saja atau memang menganggap LSM LP-RI ini adalah sebuah Lembaga Abal-abal atau dianggap remeh? ini baru urusan limbah yang dibuang disembarang tempat saja, belum lagi masalah buruh/tenaga kerja yang berada di beberapa Estate yang bekerja selama bertahun-tahun kok masih Buruh Harian Lepas terus, kan sudah ada Peraturan dan Undang-undang yang mengatur termasuk Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Waktu Tertentu.

Dan banyak lagi yang perlu kita klarifikasi terkait masalah Fasilitas Karyawan yang Cuma tinggal di gubuk seperti itu, termasuk Program Jaminan lain-lainnya” Jelas Anderson Laing.

Selain itu juga melalui Arya-red pihak perusahaan merasa keberatan atas berita yang diterbitkan oleh media ini dengan judul KEPERGOK SAMA WARGA, PT.REA KALTIM PLANTATIONS MEMBUANG LIMBAH CPO LANGSUNG MENGALIR KESUNGAI TANPA PROSES PENETRALISASI. Karena menurut Arya berita tersebut judulnya sedikkit salah, “ Sebenarnya kami mau klarifikasi terkait judul berita tersebut karena kami anggap judul beritanya salah. Memang itu terjadi di Wilayah PT.Rea Kaltim Plantations Group tapi kalau mau melaporkan ke PT. SYB di rana kami itu salah, kalau laporan seperti ini, disini kami bisa memprotes pengaduan bapak.

Nah mengenai surat yang disampaikan ke Pak Kholik, Pak Kholik dan Kami pun kaget, setidaknya kan butuh waktu untuk mengklarifikasi serta mendiskusi hal ini, sudah kepalang tanggung, sudah masuk kemedia, ya kami pun berupaya menunggu kapan kami bisa bertemu dengan penerbitnya” kilah Arya sedikit menepis permasalahan ini.

Padahal rilisan berita tersebut mempunyai batas waktu yang ditentukan cukup lama untuk melakukan hak sanggah atau hak jawab agar berita tersebut berimbang. Biro Kukar –Mrg-PN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: