HEADLINE NEWS

Tak Kenal Lelah Baninsa Membatu Warga Asmat

WhatsApp Image 2018-01-20 at 13.34.04

Asmat,19 Januari 2018. Kejadian Luar Biasa (KLB)  di kabupaten Asmat yang mengakibat 68 balita meninggal dunia,  menjadi keprihatinan dari berbagai pihak.

Keprihatinan ini juga dirasakan oleh Prajurit TNI khususnya Babinsa terutama yang sedang bertugas di Kab. Asmat. Bentuk keprihatinan tersebut,  seakan mereka tak kenal lelah bahu membahu membantu masyarakat khususnya yang sedang dilanda wabah agar segera mendapatkan pertolongan dari Tim Kesehatan TNI.
Dengan menggunakan speedboot mereka mendatangi kampung-kampung terpencil untuk mengecek adanya warga yang sakit, baik dewasa terutama anak-anak. Bila ditemukan warga yang sakit langsung diajak dan diangkut ke pos-pos pelayanan terdekat. Sebelumnya Satgas Kesehatan TNI berkolaborasi dengan Pemda setempat dan unsur terkait telah menentukan 9 titik pelayanan kesehatan tersebar ke seluruh wilayah Kab. Asmat. Masing-masing titik pelayanan ditempatkan dokter dan paramedis yang siap memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan kepada Warga. Sedangkan rujukan utamanya ke RSUD Agast.
Para Babinsa tidak canggung-canggung memapah bahkan mengendong warga dan anak-anak yang sakit agar segera mendapatkan pengobatan.

WhatsApp Image 2018-01-20 at 13.34.05Kami tidak memandang warna kulit dan agama, yang kami lihat bahwa mereka adalah manusia dan saudara kami juga yang saat ini sedang membutuhkan pertolongan. Ujar Kopral Rudi Babinsa Ramil 1707-08/Agats.

Saya membayangkan mereka seperti anak Saya sendiri, betapa sedihnya Saya bila anak Saya yang mengalami nasib seperti mereka, kata Rudi menambahkan.

Pangdam XVII/Cenderawasi Mayjen TNI George Elnadus Supit selaku Pangkolakops penanggulangan bencana telah menugaskan 93 Orang Babinsa untuk membantu Tim Bhakti Kesehatan TNI dalam melaksanakan pelayanan Kesehatan kepada Warga Asmat, demikian disampaikan Kolonel Inf Muhammad Aidi saat dikonfirmasi di Asmat.

Dalam pelaksanaan tugas penanggulangan bencana kesehatan ini dipimpin langsung oleh Danrem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan selaku Dansatgas, Satuan Tugas ini diberi nama Satgas Bhakti Kesehatan TNI KLB Asmat, tandas Aidi. OS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: