HEADLINE NEWS

Agar Setara, Nias Harus Jadi Provinsi

IMG-20180125-WA0010

Gunungsitoli,SPIN- Ketua Umum Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN) Mayjen TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM, mengajak seluruh lapisan masyarakat Kepulauan Nias untuk mendukung terwujudnya Kepulauan Nias menjadi Provinsi.

“Kita berharap agar masyarakat kepulauan nias memberikan dukungan dari suara hati dan ikut mendoakan, dan agar dipahami masyarakat, bahwa makna dari pemekaran provinsi, salah satu tujuan adalah agar Pulau Nias ini setara dengan daerah lain”. Kata christian kepada SPIN di kediamannya, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Rabu (24/1).

Menurut christian, selama ini, Pulau Nias di pandang sebelah mata, faktor utamanya adalah wilayah kepulauan nias jauh dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara.

“Gubernur terbatas dalam memberikan perhatian khusus untuk pulau nias yang termasuk daerah terluar, terisolir dan terbelakang, sementara yang di pikirkan Gubernur, 34 Kabupaten/Kota se sumatera utara dan nias adalah wilayah terjauh dan terdepan dari daratan pulau sumatera”. Sebut mantan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Papua, itu.

Christian Optimis jika pulau nias akan menjadi provinsi baru, sebab telah memenuhi tiga (3)persyaratan utama. pada tahun 2014 lalu nias tidak di sahkan menjadi provinsi karena kebijakan pemerintah, bukan karena tidak memenuhi persyaratan, Ujarnya.

Di jelaskan christian bahwa, pemekaran kepulauan nias menjadi provinsi merupakan kepentingan rakyat kecil, bukan kepentingan Elit. Sebab jika Gubernurnya berada di Kepulauan Nias maka rentang kendali terhadap pemerintahan kabupaten/kota lebih pendek dan efisiensi anggaran operasional kepala-kepala daerah, sehingga dapat lebih fokus pada pembangunan daerahnya masing-masing.

Di akui christian, bahwa kendala yang dihadapi selalu ada, namun karena ini sudah merupakan amanat, maka wajib di jalankan hingga visi mencapai Provinsi Kepulauan Nias yang menjadi cita-cita bersama tercapai. (az)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: