HEADLINE NEWS

Ini Kata Ketua Umum PPWI Soal Laporan Martinus Zega

SPIN

Foto, saat Ketua PPWI bersama Presiden RI

Gunungsitoli,SPIN – Senin 19/02/18 Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional Wilson Lalengke, S. Pd., M. Sc,. MA meminta jajaran kepolisian Resort Nias untuk bertindak profesional, modern dan terpercaya atas laporan Martinus Zega dengan nomor LP/278/IX/2017/NS yang merupakan Perkara sanding dalam perkara LP/28/VIII/2017/Res-Lahewa an. Pelapor Foera-era Zega alias Ama Frendi Zega.

Menurut Wilson, dugaan penerapan perlakuan hukum yang keliru oleh polisi atas kasus ini, maka sesuai komitmen Polri untuk mewujudkan Polri yang promoter (Profesional, moderen dan terpercaya), maka saya mendesak agar kepolisian resort nias benar-benar bekerja maksimal memproses kedua laporan (kedua pihak yang merasa jadi korban pemukulan) secara benar sesuai aturan hukum yang berlaku, Tulis Wilson kepada SPIN via WhatsApp di sela acara yang dihadirinya di Istana Presiden.

Wilson juga turut prihatin atas kejadian perkelahian yang melibatkan kelompok warga di Kecamatan Afulu-Nias Utara itu. Semoga menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat secara umum bahwa kekerasan fisik tidak akan menghasilkan solusi bagi penyelesaian masalah yang dihadapi.

Proses hukum yang dijalani oleh dua warga, Rayuan Hulu dan Senyumanius Hulu yang kini ditahan oleh Polres Nias, merupakan hasil dari perkelahian yang tidak perlu terjadi.

Proses hukum yang pasti merepotkan banyak pihak itu menjadi bukti dari pepatah bijak orang tua kita dahulu: dalam perkelahian, kalah jadi abu, menang jadi arang, yang artinya kedua belah pihak sama-sama menanggung kerugian belaka.

Terkait dengan laporan polisi yang disampaikan oleh kedua pihak yang berkelahi itu, kepada polisi yang menangani kasus ini, mereka harus adil, tidak berat sebelah, wajib memperlakukan kedua pihak yang bertikai secara sama. Laporan yang masuk dari pihak korban (merasa sebagai korban) harus ditindaklanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku. Polisi dilarang hanya memproses laporan dari satu kubu saja, semua pihak harus diperiksa dan diperlakukan sama, Himbau Wilson. (az)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: