HEADLINE NEWS

Kendala Menghadapi Ujian Berbasis Komputer SMP YPK Alfa Omega Waisai Raja Ampat Gelar Rapat Bersama Orang Tua Murid

IMG-20180225-WA0005

Raja Ampat. Dalam rangka Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandard Nasional (USBN), Kepala SMP YPK Alfa Omega dan para dewan guru mengadakan rapat bersama orang tua murid kelas IX. Saptu 24/02/2018.
Rapat yang dibuka langsung oleh Kepala SMP YPK Alfa Omega, bapak Abraham Warmetan,S.Pd, berlangsung tiga jam. Dalam pembahasan, kepala skolah menjelaskan SMP YPK Alfa Omega adalah satu-satunya sekolah swasta yang berada di depan mata pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat. Sekolah yang memiliki 18 guru ini, mempersiapkan 68 siswa-siswi untuk mengikuti ujian akhir, tahun ini. Ini ujian pertama berbasis komputer, sudah tentu sangat berat, membutuhkan keterampillan dan kemampuan mengoperasikan computer bagi para murid.
Sekolah telah menyediakan 20 unit komputer sebagai fasilitas ujian, dan sekolah akan memberi pelatihan mengoperasikan computer kepada para murid sepanjang bulan maret 2018, sambung Warmetan.
Pendidikan terhadap anak merupakan tanggung jawab orang tua dan sekolah. Pendidikan pertama ada dalam keluarga, lalu sekolah merupakan lembaga formal yang merupakan fasilitas demi mencapai cita-cita anak pada masa depan. Ini tanggung jawab kita bersama, sekolah dan orang tua murid. Murid yang pandai tidak hanya karena belajar di sekolah, tetapi orang tua merupakan peluang besar dalam membuka jendela pendidikan bagi anak. Sekolah tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan orang tua murid.
Menjelang ujian, Warmetan menegaskan untuk calon peserta ujian tidak mengikuti kegiatan apapun di luar sekolah, atau pun dilibatkan dalam kegiatan yang dilakukan oleh pihak bukan sekolah. Warmetan mengakui betapa semangatnya ia melihat bakat murid-muridnya dalam berbagai kegiatan, namun tidak diperkenaankan mengikuti kegiatan apapun menjelang ujian. Hal ini akan mengganggu kesempatan belajar siswa-siswi di sekolah maupun di rumah.
Dalam persiapan ujian, SMP YPK Alfa Omega memberi tambahan waktu belajar extra sore hari, para murid akan lebih fokus belajar pagi hari untuk mata pelajaran kelas IX dan tambahan sore hari untuk mata pelajaran yang telah dilalui kelas VII dan IIX, Warmetan.
Dalam mempersiapkan ujian, pihak SMP YPK Alfa Omega memberikan laporan singkat kepada orang tua murid. Laporan yang dibacakan oleh kepala sekolah itu menyebutkan bahwa pencapaian biaya ujian baru setengah dari kebutuhan yang harus dicapai. Bahwa jumlah keseluruhan kebutuhan adalah Rp 50.000,000,- (lima puluh juta rupiah). Hanya saja pihak sekolah hanya bisa menangani setengah dari jumlah yang disebutkan.
Warmetan memberikan ruang diskusi bebas bagi 41 orang tua yang hadir dalam rapat. Dengan adanya hasil akhir, yakni para orang tua sepakat membagikan dana Rp 25.000,000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah ) untuk ditanggung bersama 68 siswa-siswi calon peserta ujian. Secara merata setiap murid diberi tangungan Rp. 367,000,-(Tiga Ratus Enam Puluh Tuju Ribu Rupiah). Para orang tua murid sepakat bersama untuk menyumbang lebih dari pada pembagian merata, yaitu Rp 400,000,- (Empat Ratus Ribu Rupiah) per murid, adalah mufakat orang tua bersama untuk mensukseskan ujian bulan april nanti. Kami tidak keberatan dengan biaya yang ditanggung bersama, saya punya dua anak dan saya tidak keberatan menyumbang Rp 800,000,- (Delapan Ratus Ribu Rupiah) demi anak-anak kami, pengakuan bapak Bram Mambraku.
Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan Kristen Alfa Omega Waisai Kabupaten Raja Ampat Papua Barat, membutuhkan perhatian pemerintah daerah. Sentuhan dinas terkait kabupaten Raja Ampat belum mencukupi kebutuhan sekolah. Dana BOS dari pusat tidak bisa kami gunakan seluruhnya untuk kebutuhan ujian, mengingat hal-hal lain yang tidak kalah penting juga dengan penggunaan dana itu, maka pihak sekolah hanya bisa berbagi kepada orang tua murid. Kami juga membutuhkan satu buah server dan lima unit tambahan computer dan akan disumbangkan dinas Pendidikan Raja Ampat, akhir Warmetan di aula gedung SMP YPK Alfa Omega Waisai. LM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: