HEADLINE NEWS

KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP VERIFIKASI PT DAS NIAS

IMG-20180301-WA0008

Suara Pembaharuan Informasi Nasional(SPIN), Gunungsitoli-Sumatera Utara Rabu(28/2/2018)

Laporan pengaduan resmi Gapernas kepulauan Nias tentang dugaan Pencemaran Lingkungan(UU NO 32 THN 2009) dilakukan oleh PT.Delada Agromas Samudera usaha peternakan ayam petelur di tiga desa Olora Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli Sumatera Utara, bulam Desember 2017 , kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dinyatakan benar dan fakta, tutur Tim Kementrian Pusat.

Kedatangan Tim Kementrian pusat ini tiba di Gunungsitoli tanggal 27/2 s/d 2/3/2018 didampingi Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli.

Dipaparkan Tim verifikasi bahwa PT.DAS belum mengadakan pencegahan dan perlindungan lingkungan Hidup sehinggah lingkungan peternakan ayam petelur PT.DAS didesa Olora tercemar atau berdampak udara tidak sedap/bau , banyak lalat sehingga masyarakat terganggu, ” Kami akan menyampaikan berita acara ini kepada Pimpinan kami di Jakarta, kata Bu Eti tegas.

Gapernas ( Gerakan Perjuangan Nias) bersama perwakilan Masyarakat Desa Olora bertemu dengan Tim Verivikasi di Hotel Kaliki Kota Gunungsitoli.

Gapernas dan warga menyampaikan” Apresiasi kepada Kementrian Lingkungan Hidup Direktorat Jendral Pencegahan dan pelindungan Lingkungan Hidup dari jakarta turun langsung memverifikasi lokasi peternakan Olora.

Lanjut, Harapan Gapernas dan warga menyampaikan keluhan kepada Tim verifikasi agar PT.DAS segera ditutup dan mengeluarkan surat tegas kepada walikota Gunungsitoli agar menutup PT.DAS, warga sudah tidak tahan dengan bau taik ayam, lalat yang banyak, rumah ibadah, sekolah sudah sangat terganggu akibat polusi bau. Dan juga diminta kepada TIM agar fakta-fakta lapangan sebagai hasil verifikasi pencemaran dilaporkan lengkap kepada Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, ungkap para pimpinan Gapernas.

Dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, mengatakan”PT.DAS saat ini dalam proses penutupan oleh kani dan satpol pp sesuai tugas kami Dinas Lingkungan Hidup,kami mengingatkan PT.DAS kedepankan kebersihan kandang dan sekitarnya.
Pantauan dan wawancara langsung wartawan SPIN kepada Warga Olora inisial N menegaskan, dalam waktu dekat akan unjuk rasa dalam minggu depan, dengan tuntutan tidak terima warga 3 desa Olora jika PT.DAS masih beroperasi melewati bulan Pebruari 2018 ini.(TIM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: