HEADLINE NEWS

RATUSAN MASSA OLADANO DEMO, SERUKAN; BONGKAR KORUPSI DANA DESA T.A.2017.

IMG-20180313-WA0003

Kabupaten Nias ,Senin(12/3/2018) Suara Pembaharuan bInformasi Nasional(SPIN)

Liputan wartawan SPIN dilapangan, Ratusan massa dari Desa Oladano Kecamatan Idano Gawo Kabupaten Nias bersama LSM Lembaga Peduli Rakyat Indonesia (LP-RI) Kepulauan Nias serta lembaga Lsm lainnya, massa 4 perwakilan desa di kepulauan Nias gelar aksi damai di Polres Nias dan Kantor Inspektorat Kabupaten Nias yang dipimpin langsung oleh pimpinan aksi Efrizal Caniago dan koordinator lapangan Sonni Lahagu, SE, Last Kristiani Wau di koordinir bung ketua LP-RI Suar Natal Waruwu, A.Md.

IMG-20180313-WA0004

Adapun beberapa tuntutan aksi salah satu tentang laporan masyarakat Desa Oladano kecamatan Idano Gawo Kabupaten Nias atas dugaan penyalahgunaan dana desa yang telah di laporkan pada tahun 2017, tutur tegas tokoh Oladano Maswanto Waruwu dihadapan kapolres Nias dan kepala Inspektorat Kabupaten Nias.

Para aksi massa meminta kepada Kepala Inspektorat Kabupaten Nias Faoaro Lahagu agar ada titik terang terhadap laporan masyarakat pada dugaan penyelewengan atau dugaan korupsi dana Desa pada tahun 2017 di Desa Dahadano kabupaten Nias.

Kami nilai Inspektorat tidak becus menangani kasus dana Desa, masyarakat resah pak..!!!!,” Seruan massa Aksi, minta bupati Nias Sokhiatulo Laoly ” copot kadis Inspektorat kabupatren Nias”

Inspektorat seakan-akan diam atas laporan masyarakat tentang penyalahgunaan Dana desa, beberapa laporan masyarakat tidak diproses oleh Inspektorat “ada apa ini pak”..!!! Kami nilai ada yang mau bermain-main anggota Inspektorat antara kepala desa,” Ujara Aksi di depan Kantor Inspektorat di Jalan Karet No.36.kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli.

Menanggapi tuntutan para pengunjuk rasa Kepala Inspektorat Kabupaten Nias Fao’aro Lahagu mengatakan terkait dengan laporan masyarakat di desa Oladano, kecamatan Idano Gawo Kabupaten Nias kami sudah lakukan pemeriksaan terhadap kepala desanya Ujar Faoaro Lahagu dihadapan pendemo.

Lanjut, Kepala Inpektorat pada pertengahan bulan April kedepan kami akan kembali melakukan pemeriksaan terhadap beberapa laporan dugaan tindak pidana korupsi pada dana desa khususnya di Kabupaten Nias ini.” ujarnya.

Massa Aksi kurang lebih 300 orang menilai kinerja inpektorat kabupaten Nias, lemah, kata Orator Sonni Lahagu, SE.

Massa berteriak kepada kepala Inspektorat ” kalau tidak sanggup menuntaskan Laporan kasus korupsi dana desa,mundur saja dari jabatan kepala Inspektorat, Kepala Inpektorat harus mengawasi stafnya, diduga anggota yang dilapangan macam-macam dan main-main, dilontarkan massa aksi.

Kordinator umum unjuk rasa ini, Ketua Lsm LP-RI kepulauan Nias Suar Natal Waruwu, A.Md dalam orasinya mengatakan ” diminta kepada Inpektorat Kabupaten Nias, segera menyurati Polres Nias dan menyerahkan Hasil hasil audit, karena laporan dugaan korupsi sudah ditangani Reskrim Polres Nias bidang Tipikor dan polres Nias sedang menunggu rekomendasi dari APIP, demi penuntasan, akuntabel, tranparansi kasus korupsi yang silaporkan ini, sehingga kepastian hukumnya maksimal dan masyarakat desa tidak resah, tegas tuturnya.( SW)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: