HEADLINE NEWS

DANA ADD/DD DI DESA SILIMA BANUA NIAS SELATAN TEREALISASI.

IMG-20180325-WA0006

Nias Selatan, Suara Pembaharuan Informasi Nasional | SPIN Kepulauan Nias, Sabtu.(24/3/2018).

Di jelaskan tokoh pemuda setempat Suasana Harita kepada wartawan SPIN, bahwa pelaksanaan ADD/DD di Desa Silima Banua Kecamatan Somambawa, di jempolin warga.
Lanjut , Harita menemui seorang warga. Dan pada saat sedang berjalan menuju lokasi pembangunan Pembukaan badan jalan sekaligus Semenisasi yang sudah terselesai Sepanjang 200mx3m, paparnya.

“Yamo’arota Laia menanggapi pertanyaan Harita dengan singkat” Saya senang adanya bangunan ini, juga mutu dan kualitas,tapi berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Nias Selatan bapak Dr. Hilarius Duha.SH.MH. membantu kami terkait masalah air di sawah, terangnya.

Di tempat terpisah yang masih di desa Silimabanua Kecamatan Somambawa, kembali menemui seorang Tokoh masyarakat desa Silimabanua. Aronga’oto Laia, mengatakan walau belum siap semua pekerjaan pembukaan badan jalan ini yang sekaligus juga Semenisasinya,tapi kami warga bersyukur sudah ada yang telah siap.
Harapan saya ada penambahan bantuan pembangunan di desa kami ini. Sebab kalau hanya andalan dana desa tidak mungkin cukup anggaran-nya. di tambahkan nya lagi, bila ada bantuan dari sumber dananya yang lain dapat menambah pendapatan warga sehingga menunjang ekonomi warga desa ini, kata tokoh.

Pj. Kades Silimabanua”DAMAISYUKUR TELAUMBANUA” menjawab pertanyaan tokoh pemuda ini, tentang hasil pelaksanaan kegiatan, saya hanya menjalankan dan mengerjakan sesuai yang ada. Anggaran TA.2017 ini, keseluruhan dana ADD/DD Rp.847.246.028.00. dan dana Fisik TA.2017 pembukaan badan jalan sekaligus Semenisasi. Volume Kegiatan 400mx3m.
“Sekalipun saya mengatakan bagus itu menurut saya. Semua tergantung penilaian warga desa silima banua. Karena banyak kekurangan disana-sini artinya banyak kelemahan dan tidak sempurna.

Warga desa Silimabanua. Mengharapkan Bantuan kepada pemerintah daerah. Keluhan warga khususnya Petani Padi di sawah adalah AIR, Lanjut Pj. Kades”DAMAISYUKUR TELAUMBANUA menjelaskan bila musim kemarau satu “1 minggu berturut-turut, sawah itu kering. sehingga petani mengalami gagal panen. Petani sering mengalami kerugian penyebabnya. Kurangnya AIR di sawah itu andalan petani selama ini. Hanyalah curah hujan.

Lahan petani sawah desa Silimabanua di perkirakan mencapai 30 hk. Maka bila diolah dengan baik sawah ini dapat menunjang perekonomian masyarakat khususnya petani di sawah. Hasil sawah ini dapat memenuhi kebutuhan desa sekitarnya.
Bila seandainya dapat memungkin-kan dana desa ADD/DD untuk pembangunan perairan di sawah warga desa Silimabanua. Saya akan membawa di musyawarah desa, untuk di masuk-kan ke dalam RKPDES karena jarak mata air dengan sawah itu cukup jauh di perkirakan mencapai 2km.

Pj.Kades. Damaisyukur Telaumbanua Mengantakan; saya berterimakasih kepada tokoh, BPD,Perangkat desa dan seluruh warga desa Silimabanua. Atas dukungan dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Saya menghimbau agar kita semua, seluruh warga desa Silimabanua. dapat bekerja sama dalam hal yag baik, Bahu-membahu setiap kegiatan yang ada di desa kita ini.
keluhan warga desa Silimabanua mengenai AIR di sawah. Saya akan coba berusaha memohon kepada bapak Bupati dan dinas Pertanian/PU atau lainnya melalui Proposal sambil mengahiri.(Suar N.W)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: