HEADLINE NEWS

BENCANA ALAM LONGSOR BAWAH TANAH

IMG-20180330-WA0003

Gunungsitoli, Rabu (28/3/2018) Suara Pembaharuan Informasi Nasional (SPIN)

Pantauan awak media Suara Pembaharuan Informasi (SPIN) saat berkunjung ke lokasi Bencana alam yang terjadi di Desa Sihareo-Siwahili, Kecamatan Gunungsitoli Barat.

Menurut informasi warga sekitar, Bencana alam itu terjadi saat hujan deras pada hari jumat tanggal 23/3/2018. Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari keluarga Bpk. Ama Yasiduhu Zebua mendengar seakan ada tanah yang bergemuruh. Setelah diamati rupanya tanah yang ada dipekarangan rumahnya mendadak membentuk sebuah lubang yang agak besar dan dalam dengan air yang meluap dengan derasnya.

Pagi harinya setelah hujan reda, keluarga Bpk. Ama Yasiduhu kemudian memperhatikan tanah tersebut disaat aliran air agak mengecil dan setelah melakukan pengukuran dengan sebatang bambu rupanya kedalaman lobang tanah melebihi tinggi orang dewasa, diperkirakan hampir 2 meter.

Saat Awak Media Meminta konfirmasi dan wawancara langsung dengan Kepala Dusun I desa lolomoyo tuhemberua, beliau mengatakan telah membuat laporan kepada pemerintah untuk kejadian ini.
” kita telah menyurati pemerintah kota, instani PU dan instansi Badan Penanggulangan Bencana Alam kita gunungsitoli. Kita mengharapkan agar solusi dan cara pencegahan bencana tersebut secepatnya dilaksanakan”

Diwaktu yang bersamaan setelah wawancara dengan kepala dusun I lolomoyo tuhemberua, awak media wawancara juga dengan salah seorang Staf BPBD yakni Bpk. Ama Poli Zebua.
Beliau mengatakan supaya warga sekitar berhati-hati dan secepatnya bertindak seandainya hujan turun deras dan sesegara mungkin melakukan Evakuasi sementara demi menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Hingga sampai saat ini, kunjungan dari pemerintahan kota gunungsitoli telah dilakukan, namun upaya-upaya untuk pencegahan masih belum bisa dilakukan dikarenakan kondisi cuaca tidak memungkinkan.(Tri.Zebua)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: