HEADLINE NEWS

MENGAKU BD DAN AH DIDUGA DI KAPAL WIRAPRIME GUNUNGSITOLI ADA MINYAK TANAH 10 LITER SUBSIDI, LSM DAN WARTAWAN INVESTIGASI MINTA POLRES NIAS TANGKAP

IMG-20180402-WA0003

Kota Gunungsitoli, Sabtu(31/3/2018) Suara Pembaharuan Informasi Nasional | SPIN kepulauan Nias.

Sekira pukul 16.30 wib puluhan Tim lsm LP-RI, Lsm Perkara bersama lembaga lainnya investigasi diatas kapal Wiraprime IMO: 9707302 dipelabuhan Gunumgsitoli-Nias Sumatera Utara, terliput warrawan SPIN dilokasi.

Ketua DPW lsm Perkara pulau Nias menjelaskan ” kami sudah mendapatkan video rekaman saat ABK kapal Wiraprime membeli minyak tanah disalah satu toko yang tidak memiliki izin usaha penjualan minyak tanah bersubsidi, dengan cara Diduga ABK kapal Wiraprime membeli dan menerima minyak tanah dalam bungkusan plastik dari toko milik AH”.

Lanjut, ” pembelian ini berkali-kali dengan modus, minyak diterima dalam bungkusan kira-kira 10 litet, dan dimasukkan didalam jok honda vario BB 4231 HN dan 1 bungkus lagi diletakkan di lantai cub sepeda motor, kemudian dilangsir benerapa kali dan dibawah dikapal Wiraprime yang bersandar dipelabuhan Angin. Dan kapal ini berlayar ke Sibolga sekira Jam 21.00 wib malam ini”.

Saat para lsm ini mau konfirmasi kepada Kapten Kapal Wiraprime, ABK atas nama Pandapotan Purba diduga menghalangi dan mengatakan kepada lsm dan wartawan nanti jam 7 malam, ketika ditelepon malamnya dia mengatakan tanya kepada BD, seorang pemuda pengawas dikapal, kata Ketua tim LSM LP- RI kepulauan Nias.

Para Lsm dan wartawan menanyakan kepada kepada pemilik toko AH di Jalan Yos Sudarso tentang minyak tanah subsidi ini ” benar para abk kapal sering membeli minyak tanah disini, memang izin saya tidak ada, tapi adek saya yang menjual kepada mereka, pekerja dalam tokonya pun inisial EH mengakui bahwa mereka menjual minyak tanah, dan awalnya mereka membeli minyak tanah ini seharga Rp.5000,-/Liter dan menjual kepada ABK kapal.

Penelusuran wartawan SPIN dilapangan, BD mengatakan ” benar minyak tanah ada di kapal Wiraprime tapi hanya 10 Liter, memangnya yang10 Liter ditangkap”, dikatakannya didepan para Lsm dan wartawan, BD sempat melarang masuk diatas kapal Wiraprime para Lsm ini, padahal LSM dan para tim bersama penjual minyak tanah subsidi sudah izin kepada ABK kapal. Investigasi para Lsm berakhir dan menunggu sampai kapal berangkat.

Ditempat terpisah, Ketua tim Lsm LP-RI Kepulauan Nias Suar Natal Waruwu, A.Md meminta kepada Bapak Kapolres Nias untuk menurunkan tim intelijen polres Nias menyelidiki kapal Wiraprime dipelabuhan Gunungsitoli, diduga minyak Nias di kirimkan ke Sibolga, jelas-jelas melanggar UU 22 thn 2001 tentang minyak dan gas bumi, minyak subsidi Nias hanya untuk rakyat Nias, pungkasnya tegas.

Ungkap ketua DPW LSM Perkara Pulau Nias bung Afdika Lase ” Saya punya video saat ABK kapal Wiraprime membeli minyak kepada pedagang di jalan Yos Sudarso, berkali-kali dan dokumennya lengkap, dan jangan dibiarkan penyelendupan minyak tanah subsisidi ini, apalagi di bawah keluar daerah Nias, kita apresiasi kepada bapak kapolres Nias 2 minggu lalu 25/2/2018 menangkap dan menahan pelaku penyelendup minyak dipelabuhan, pengawasan dan pemberantasan mafia minyak ini harus diteruskan,tanpa tebang pilih agar ada efek jerah, ucapnya tegas.

Ditambahkan Polres Nias harus perketat pengamanan pelabuhan dengan.ketat, imbuhnya.( TIM-RED)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: