HEADLINE NEWS

DIMINTA PENYIDIK POLRES NIAS PROSEDURAL DAN EFEKTIF DALAM PENYIDIKAN.

IMG-20180405-WA0000

Suara Pembaharuan Informasi Nasional | SPIN Kepulauan Nias

Gunungsitoli, Kamis 5
April 2018

Ketua Tim LSM LP-RI Kepulauan Nias: Suar Natal Waruwu A.Md,menyatakan “mendesak Polres Nias tuntaskan kasus laporan kekerasan, pengancaman dan penganiayaan kepada aktivis pemerhati yang selalu suarakan kritik positif kepada aparat serta pemerintah atau sosial kontrol mengawasi pembangunan atau kinerja pemerintah.

Lanjut, kasus viral dalam 3 bulan terakhir ini di Nias, diduga tindakan premanisme banyak merugikan bahkan meresahkan kenyamanan masyarakat Nias juga ketentraman dan kerukunan, sesama mitra yang bertugas di lapangan, yakni para Aktivis pemuda, ormas, LSM, serta Pers.Pernyataan tersebut disampaikan saat awak media mengkonfirmasi di sekretariat Tim LSM LP-RI kepulauan Nias, Jalan Mohammad Yamin nomor 12 Afilaza, Kelurahan Pasar, Kecamatan Gunungsitoli, “.paparnya.

Lanjut, disampaikannya, ada beberapa kasus laporan resmi dipolres Nias, seperti; kekerasan, penganiayaan serta pengancaman yang belum ada realisasi hingga sekarang.

Saat ini beberapa Laporan yang belum dilakukan gelar perkara bahkan penetapan tersangka antara lain: dugaan pengancaman, penganiayaan serta penghinaan yang dilakukan Kristian Halim alias Wilson (direktur PT.DAS ) sekitar hari Senin 11/12/2017 pada dirinya. Sesuai Laporan Polisi di Mapolres Nias Nomor: STPLP / 386 / XII / NS.

Suar mengatakan” saat ini saya sebagai pelapor masih menunggu panggilan hingga sekarang belum gelar perkara di Mapolda Sumatera Utara”.
Dan masih ada lagi beberapa kasus penganiayan terhadap aktivis, LSM dan Pers yang belum terselesaikan antara lain; laporan Sl Nomor: STPLP/ 76/III/ 2018/NS tanggal 24/03/2018.
Dan laporan penganiayaan terhadap SH Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia ( DPC-PWRI ) Kota Gunungsitoli yang dilaporkan pada 19/03/2018 dengan Nomor STPLP / 71 / III / 2018 / NS, hingga sekarang belum juga penetapan tersangka, paparnya.

Dia tegaskan, kepada pihak penegak hukum khususnya Polres Nias agar serius menangani kasus diatas, lidik dan sidiknya Proporsional, prosedural, akuntabel serta efektif efisien, sehingga keadilan hukum ditegakkan, tajam keatas dan tajam kebawah, sehingga tidak terkesan lambat.

Ketua Tim LP-RI ini menambahkan, kami menitipkan pesan kepada Bapak Kapolres Nias, jika hasil kinerja Kasat Reskrim polres Nias tak memuaskan dalam menangani segala kasus diduga tidak tuntas, maka silahkan kirimkan bakal nama kandidat pengganti di Mapolda sumut, tutur Suar Natal Waruwu A.Md, agar harapan masyarakat Nias terakomodir demi keadilan, imbuhnya.

Saat berita ini di muat, Kasat Reskrim Polres Nias AKP HT belum bisa di konfirmasi dikarenakan tidak berada di ruang kerja Nya.( TIM-RED)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: